Sukses

Hari Buruh, Kapolda Metro Jaya Datangi Bundaran HI

Ribuan buruh bakal menyerbu Ibu Kota pada momen May Day hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan buruh bakal menyerbu Ibu Kota pada momen May Day hari ini. Mereka dikabarkan akan berkumpul dan berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Mereka memang telah diimbau untuk tak berdemo di bundaran HI mengingat kawasan itu digunakan untuk kegiatan Car Free Day (CFD) yang digelar rutin setiap Minggu pagi.

Namun sekitar pukul 08.15 WIB tadi, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Moechgiyarto terlihat mendatangi kawasan bundaran HI. Sesampainya di sana, tanpa kata-kata, dia langsung masuk ke Pos Polisi (Pospol) HI.

Seorang buruh bernama Ismail yang ditemui di sekitaran bundaran HI mengatakan, mereka akan memulai aksi sekitar pukul 09.00 WIB. Hingga kini, kata dia, massa buruh masih dalam perjalanan.

"Jam 09.00 WIB kita masuk," ucap Ismail di bundaran HI Jakarta, Minggu (1/5/2016).

Pantauan Liputan6.com, bundaran HI sendiri sampai saat ini masih dipenuhi oleh warga yang sedang menikmati CFD. Belum tampak kerumunan buruh di lokasi.

Sebelumnya, Kapolsek Menteng Kompol Ronald Ardiyanto Purba memastikan, tidak akan ada aksi buruh besar yang akan masuk ke bundaran HI.

"Yang jelas saat CFD ini tidak boleh ada kendaraan yang masuk, ini sudah ketentuannya dan tidak ada yang boleh melanggar ketentuan," ucap Ronald.

Dia menjelaskan, ada sekitar 1.300 aparat gabungan dari polda, Brimob, dan TNI yang akan berjaga di bundaran HI dan sekitarnya.

"Dari jam 08.00 insert kita masuk (jaga di Bundaran HI), sudah di-floating semuanya. Kita sekat dari perempatan Teuku Umar Cokro, perempatan Sutan Syahrir," ujar dia.

"Kita harapkan tidak ada yang masuk di CFD. Kita persuasif, negosiasi, tidak boleh ada kendaraan (masuk ke Bundaran HI), buruh juga tidak," tandas Ronald.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini