Sukses

May Day, Ini Rencana Demo Buruh di Istana Negara dan Senayan

Pada pukul 13.00 WIB, para buruh akan bergerak ke Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan buruh akan memperingati May Day atau hari buruh di Jakarta hari ini. Mereka juga memanfaatkan momentum ini, untuk menggelar demonstrasi di sejumlah titik di Ibu Kota.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyerukan kepada para buruh, agar berkumpul di Bundaran Patung Kuda atau Silang Monas Selatan, sebelum berdemo.

Menurut Iqbal, hal itu dilakukan untuk menghormati warga Jakarta yang melakukan rutinitas pada hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) setiap Minggu pagi.

"KSPI dengan ini menyampaikan bahwa titik kumpul aksi buruh se-Jabodetabek di Jakarta pada May Day 2016 jam 10 pagi, adalah di Patung Kuda Indosat, bukan di Bundaran HI," imbau Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (1/5/2016).

‎Menurut Iqbal, 150 ribu buruh yang telah berkumpul di Bundaran Patung Kuda akan melakukan long march ke depan Istana Merdeka untuk berdemo.


Deklarasi RRI

Kemudian pada pukul 13.00 WIB, para buruh akan bergerak ke Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), untuk mengikuti puncak perayaan May Day 2016.

"Di SUGBK kita akan mendeklarasikan ormas buruh bernama Rumah Rakyat Indonesia (RRI) dan ORI," terang dia.

Para buruh sebelumnya rencananya berkumpul di Bundaran HI, sebelum berdemo ke Istana Merdeka. Bahkan, mereka siap berjalan kaki bersama warga Jakarta yang tengah melakukan kegiatan di area Car Free Day.

"Memang May Day nanti bertepatan dengan CFD, makanya kami berusaha taat dan memastikan kendaraan tidak akan masuk. Kami 150 ribu orang siap jalan kaki," tandas Said Jumat 29 April lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.