Sukses

Jalan Menuju Antam Pongkor di Bogor Ambles, Lalu Lintas Dialihkan

Akibat peristiwa itu, akses menuju area pertambangan PT Antam dialihkan melalui jalan alternatif Cihiris.

Liputan6.com, Bogor - Akses menuju kawasan PT Antam Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ambles sepanjang 20 meter dengan kedalaman 40 meter.

Selain ambles, ruas jalan tersebut juga retak. Akibatnya, jalan utama itu tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Kepala Kepolisian Sektor Nanggung Ajun Komisaris Polisi Dodi Rosjadi mengatakan, amblesnya badan jalan terjadi di Kampung Ciketug RT 01/11 Desa Pangkal Jaya, Kecamatan Nanggung pada Kamis malam 28 April 2016. Penyebabnya, jalan berada di atas tebing yang curam.

"Sekarang masih dalam perbaikan oleh PT Antam dibantu masyarakat sekitar dan aparatur setempat," kata Dodi saat dikonfirmasi, Sabtu (30/4/2016).

Akibat peristiwa itu, akses menuju area pertambangan PT Antam dialihkan melalui jalan alternatif Cihiris.

"Mudah-mudahan perbaikan bisa cepat selesai, karena jalur ini juga digunakan warga dari beberapa desa," kata Dodi.

Sementara itu, Camat Nanggung Mulyadi menjelaskan, retakan dan amblesnya badan jalan terjadi saat wilayah itu diguyur hujan deras.

Kontur tanah di sekitar lokasi yang labil, membuat titik lokasi tersebut rawan terjadinya pergerakan tanah.

"Kami sudah minta dinas terkait untuk memasang rambu-rambu dan memperbaiki jalan yang retak," tutur Mulyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.