Sukses

Jelang May Day, Ratusan Buruh di Tangsel Ikut Tanding Futsal

Ribuan buruh dari Tangsel akan bersatu dengan buruh se-Tangerang Raya untuk beramai-ramai ke Gelora Bung Karno pada 1 Mei.

Liputan6.com, Tangerang - Ada yang berbeda dari peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Ribuan buruh di kota tersebut memilih berkumpul untuk tanding futsal antarperusahaan di Futsal Ocean Park (OP) BSD. Kegiatan tersebut diikuti Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) wilayah tersebut.

"Ada 28 perusahaan se-Tangsel yang mengikuti turnamen futsal ini, masing-masing perusahaan mengirimkan 10 pemain untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp 30 juta," kata Ketua Federasi Tekstil Sandang Kulit SPSI kota Tangsel Taufik Machdum, Sabtu (30/4/2016).

Menurut dia, acara ini akan lebih mempererat tali silaturahmi dengan para buruh se-kota Tangsel. Sehingga tak ada lagi perayaan May Day yang diisi dengan demo buruh ataupun mengganggu arus lalu lintas.

"Kalau bisa diskusi dan duduk bareng ya mending kita lakukan itu, kita bisa surat menyurat juga ke wali kota apabila ada permasalahan, jadi tidak melulu teriak-teriak dan turun kejalan," kata Taufik.

Tapi tetap saja, Taufik mengakui pada puncak perayaan May Day 1 Mei nanti, ribuan buruh dari Tangsel akan bersatu dengan buruh seluruh Tangerang Raya untuk beramai-ramai ke Gelora Bung Karno. Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas sesama buruh di Tangerang.

Sementara Kapolres Tangerang Selatan Ajun Komisaris Besar Ayi Supardan mengatakan, pihaknya akan mengawal kegiatan buruh yang ada di Tangsel agar berjalan tertib, aman dan lancar.

"Kami mengerahkan sebanyak 300 personel untuk mengamankan jalannya May Day di Tangsel, dan juga kami akan mengawal para buruh yang akan berangkat ke Jakarta, beberapa dari mereka menggunakan beberapa bus untuk berangkat ke sana," imbuh dia.

Nantinya kata Ayi, ke 300 personel akan ditempatkan di lokasi turnamen futsal antarburuh di BSD, serta mengamankan tempat lainnya yang dianggap menjadi titik kumpul buruh di Tangsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.