Sukses

May Day, Cek Pengalihan Arus Lalu Lintas Jakarta

Masyarakat Jakarta diharapkan menghindari tidak terjadi pertemuan dengan massa buruh yang berpotensi menimbulkan penumpukan kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Hari Buruh atau May Day 2016 jatuh pada Minggu, 1 Mei 2016. Meskipun bertepatan hari libur, puluhan ribu buruh tetap akan melaksanakan ritual tahunan seperti long march dan berorasi untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Sesuai Undang-undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum, perayaan May Day dibatasi mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

"Demo bakal digelar di depan Istana Negara, Gedung DPR, Balai Kota, DPRD DKI Jakarta dan perwakilan kantor ILO," jelas Kepala Sub Direktorat Bina dan Penegakan Hukum (Kasubdit Bin Gakkum) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Jumat (29/4/2016).

"Sementara perayaannya bakal berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK). Pergeseran (dari titik orasi) kurang lebih pukul 13.00 WIB ke GBK," sambung dia.


Budi mengatakan, massa buruh dari Karawang, Bekasi dan Pulogadung akan dikawal polisi dan diarahkan untuk melewati rute Jalan Letjen Suptapto Cempaka Putih - Senen - Tugu Tani - Monas Timur.

Sementara rombongan dari Bogor - Depok dan sekitarnya akan melewati Tol Jagorawi - keluar di Pintu Tol Tegal Parang Mampang - Jalan HR Rasuna Said Kuningan - HOS Cokroaminoto - Tugu Tani -Monas Timur.

Massa dari Tangerang dan Banten dilewatkan Tomang - Juanda - Veteran - Monas. Lokasi parkir disediakan di Monas, Lapangan IRTI, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng dan Parkir Timur Senayan serta kantong-kantong parkir di kawasan Senayan.

Usai melakukan longmarch dan berorasi, massa yang bergerak ke GBK akan diarahkan melalui Pintu VII dan VIII GBK Senayan, Jakarta Pusat.

Budi mengimbau masyarakat Jakarta menghindari titik-titik tersebut agar tidak terjadi pertemuan dengan massa buruh yang berpotensi menimbulkan penumpukan kendaraan.

Berikut Pengalihan Arus Lalin Minggu di Jakarta


Pengalihan Arus di persimpangan Harmoni dan sekitar Istana Negara:

1. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Suryo Pranoto yang ingin menuju Jalan Sudirman - Thamrin diluruskan ke arah Jalan Juanda atau dialihkan ke kiri ke Jalan Gajah Mada maupun ke kiri Jalan KH Hasyim Ashari - Grogol - Jalan S Parman maupun Daan Mogot dan seterusnya.

2. Arus kendaraan yang datang dari arah Hayam Wuruk yang ingin menuju Jalan Sudirman - MH Thamrin dialihkan ke kiri menuju Jalan Juanda - Jalan Pos - Dr Sutomo - Gunung Sahari dan seterusnya.

3. Arus kendaraan yang datang dari arah Veteran yang ingin menuju Jalan Sudirman - MH Thamrin dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto - Tomang - Balikpapan - Kyai Caringin - Tomang Raya - Jalan S Parman atau ke Jalan Gajah Mada, maupun ke kiri Jalan KH Hasyim Ashari - Grogol - Jalan S Parman maupun Daan Mogot dan seterusnya.

4. Arus kendaraan yang datang dari Veteran 1 menuju ke arah Harmoni diputarbalikkan menuju Jalan Ir H Juanda lanjut ke arah Pasar Baru.

5. Arus kendaraan dari Medan Merdeka Utara yang menuju ke arah persimpangan Oteva diputarbalikkan menuju ke arah Jalan Veteran 1.

6. Arus kendaraan dari Medan Merdeka Timur dibelokkan menuju Jalan Perwira.


Pengalihan Arus di Bundaran Air Mancur atau Patung Kuda/Monas:

1. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat melalui persimpangan Museum dialihkan ke Jalan Abdul Muis Facherudin dan seterusnya.

2. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis yang menuju Jalan Sudirman - MH Thamrin dialihkan ke Jalan Facherudin dan seterusnya.

3. Arus kendaraan yang datang dari arah Kwitang Senen yang menuju Monas diputarbalikkan di Doorbrak Gunung Agung atau melalui Medan Merdeka Timur - Gambir dan seterusnya.


Pengalihan Arus di Kebon Sirih - Sarinah:

1. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Facherudin - KH Mas Mansyur dan seterusnya.

2. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Agus Salim dialihkan ke kanan Kebon Sirih - Tugu Tani dan seterusnya.


Pengalihan Arus Bundaran HI:

1. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Sudirman ke arah Bundaran HI dialihkan ke Jalan Tanjung Karang - Kendal - Latuharhari dan seterusnya, atau Tanjung Karang belok ke kiri Blora - kembali lagi Sudirman arah Semanggi.

2. Arus kendaraan yang datang dari arah Kendal - menuju ke Tanjung Karang ditutup dialihkan ke arah Blora - ke kiri Jalan Sudirman arah Semanggi.

3. Arus kendaraan dari Jalan Imam Bonjol dibelokkan menuju Jalan Pamekasan.


Pengalihan Arus sekitar Gedung DPR-MPR RI:

1. Persimpangan Lapangan Tembak

- Kendaraan massa yang datang dari Jalan Asia Afrika diarahkan balik arah kembali ke Jalan Asia Afrika atau lurus ke arah Pospol Pal Merah.

2. Fly Over Senayan

- Kendaraan massa dari arah Timur diarahkan belok kiri ke Jalan Gerbang Pemuda (tidak ada yang lurus menuju depan Gedung DPR-MPR RI).

- Kendaraan massa dari arah Selatan (Jalan Gerbang Pemuda) diarahkan lurus naik fly over menuju Semanggi atau balik arah melalui kolong fly over menuju persimpangan Lapangan Tembak.

3. Semanggi

- Kendaraan massa dari arah Timur diarahkan belok kiri ke arah Bundaran Senayan (tidak ada yang lurus ke arah Barat).

- Kendaraan massa dari arah Selatan diarahkan lurus ke arah Utara Bundaran HI.

- Kendaraan massa dari arah Utara diarahkan lurus ke arah Bundaran Senayan.

4. Pospol Pal Merah

- Kendaraan massa dari arah Utara (dari Pejompongan/Manggala) diarahkan lurus ke arah Permata Hijau.

5. Persimpangan Pospol Pejompongan

- Kendaraan massa dari arah Utara diarahkan lurus ke arah Permata Hijau.


Pengalihan Arus Tol Sekitar DPR/MPR RI:

1. Darmais

- Arus lalu lintas yang datang dari Barat menuju ke Timur keluar off ramp Darmais dialihkan ke Jalan Katamso atau ke kiri KS Tubun, Palmerah atau Pejompongan maupun diputarbalikkan.

2. Semanggi

- Arus lalu lintas yang datang dari arah Jalan Gatot Subroto atau Tol Dalam Kota keluar off ramp Cakra yang menuju DPR-MPR atau Slipi dialihkan ke kiri Jenderal Sudirman - Sisingamaraja atau dialihkan di Semanggi turun ke bawah Jalan Jenderal Sudirman - Karet atau lurus ke Jalan MH Thamrin.

- Arus lalu lintas yang datang dari arah Blok M Jalan Jenderal Sudirman yang ingin mengarah ke DPR-MPR/Slipi diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman ke kiri karet atau lurus ke Jalan MH Thamrin.

3. Kuningan

- Arus lalu lintas yang datang dari arah Jalan Gatot Subroto (Arteri) dialihkan ke Jalan Kapten Tendean ke kiri Mampang atau lurus Jalan Wolter Mongosidi dan seterusnya.

- Arus lalu lintas yang datang dari tol dalam kota keluar off ramp Tegal Parang dialihkan ke kiri Jalan Mampang Prapatan atau ke kanan Jalan HR Rasuna Said.

4. Cawang

- Arus lalu lintas yang datang dari Bekasi (tol dalam kota) menuju ke Barat dialihkan ke Utara arah Tanjung Priok atau keluar UKI masuk kembali Tol Jagorawi.

- Arus lalu lintas yang datang dari Bekasi (tol dalam kota) menuju keluar off ramp Bank Bukopin dialihkan ke kiri Pasar Minggu atau ke kanan Jalan Supomo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini