Sukses

May Day Saat Car Free Day, Ini Rute Demo Buruh di Jakarta

Hari Buruh Sedunia atau May Day akan diperingati dengan aksi besar-besaran di Jakarta pada Minggu 1 Mei 2016.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Hari Buruh Sedunia atau May Day akan diperingati dengan aksi besar-besaran di Jakarta pada Minggu 1 Mei 2016. Namun perayaan May Day yang bertepatan dengan hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) itu membuat aparat kepolisian harus memutar otak agar aksi buruh tak mengganggu rutinitas warga Jakarta.

Polisi pun memberlakukan rekayasa lalu lintas khusus untuk massa buruh yang datang ke Jakarta untuk berdemonstrasi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin Nursin mengatakan, massa buruh sama sekali tak diizinkan melintasi Jalan Sudirman-MH Thamrin. Sebab rute tersebut masih digunakan untuk rutinitas CFD bagi warga Jakarta mulai pukul 06.00-11.00 WIB.

‎"Kami sudah berkoordinasi dengan masing-masing korlap aksi buruh bahwa peserta May Day yang datang dari arah Timur yaitu Cikampek dan Jagorawi, keluar di Tegal Parang melalui Kuningan," ujar Risyapudin di Mapolda Metro Jaya, Jumat (29/4/2016).

Massa yang mayoritas berasal dari wilayah Jawa Barat itu, kata Risyapudin, selanjutnya akan dikawal polisi menuju ke arah Tugu Tani dan berakhir di parkir IRTI Monas. "Mereka akan berkumpul di sana (IRTI Monas)," tutur dia.

Sementara massa yang datang dari arah Barat, yakni buruh dari Tangerang, Banten akan dipandu melewati rute Tomang - Harmoni - Juanda - Tugu Adipura.

"Mereka bisa memarkirkan kendaraannya di kantung parkir yang telah disediakan, seperti di Masjid Istiqlal, ‎Lapangan Banteng, Irti Monas, dan sekitaran Gambir," ucap Risyapudin.

‎Sedangkan massa yang akan menggelar aksi di depan Gedung DPR-MPR, diarahkan agar memarkir kendaraannya di Parkir Timur Senayan. Massa kemudian berkumpul di Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Nanti semua massa akan berkumpul di SUGBK.‎ Karena ada gelaran musik dan sebagainya di sana. Puncak acara May Day ini nanti di SUGBK," pungkas Risyapudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.