Sukses

Fahri Hamzah Laporkan 3 Politikus PKS ke MKD DPR

Fahri menyatakan mereka dilaporkan lantaran dianggap melanggar 2 aturan, yaitu terkait kode etik dan terindikasi pidana.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah melaporkan 3 petinggi PKS. Mereka adalah Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua MKD Surahman Hidayat, dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

"Saya kirim surat ke Ketua dan Wakil Ketua MKD DPR melalui pimpinan DPR atau ketua DPR karena sebagaimana diketahui dalam UU MD3, anggota tidak boleh melaporkan anggota kecuali melalui pimpinan DPR RI," kata Fahri di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Fahri menyatakan mereka dilaporkan lantaran dianggap melanggar 2 aturan, yaitu terkait kode etik dan terindikasi pidana.

"Saya mengadukan mereka terkait 2 tindakan yang tidak saja saya anggap merugikan secara langsung, tapi juga konstituen saya, merugikan nama baik diri dan keluarga saya, juga kader-kader partai yang selama ini bersama saya," ucap Fahri.

Dia menegaskan, pemecatan dirinya dari PKS dianggap sebagai tindakan yang tidak memiliki dasar hukum kuat. Selain itu, Sohibul Iman juga ditengarai melakukan pembohongan publik yang berujung pencemaran nama baik.

"Karena terlapor 1 yaitu Sohibul Iman sebagai Presiden Partai membuat kronologi yang didalamnya penuh kebohongan pencemaran nama baik dan fitnah ke saya lalu disebarkan secara bebas kepada kader juga," ujar Fahri.

Dia berharap MKD dapat segera menindaklanjuti laporan ini. Kata dia, MKD memiliki cukup alasan untuk memberhentikan ketiga terlapor dari anggota DPR.

"Mereka tak hanya langgar etika tapi hukum yang berindikasi pidana," ujar Fahri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini