Sukses

Jokowi Dijadwalkan Hadiri KTT ASEAN-Rusia Mei Mendatang

Dijelaskan Tata, fokus kerja sama yang akan ditingkatkan dengan Rusia ada di bidang ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir angkat bicara terkait, pelaksanaan KTT ASEAN-Rusia pada pertengahan Mei ini.

Dia menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan hadir dalam pertemuan tingkat kepala negara dan pemerintahan itu.

"Menurut rencana, Presiden akan menghadiri acara KTT ASEAN-Rusia pada 20 Mei mendatang," sebut pria yang kerap disapa Tata ini di Kantor Kemlu, Kamis 28 April 2016.

Dia menjelaskan, KTT ASEAN-Rusia dijadwalkan berlangsung pada 19-20 Mei. Pertemuan akan digelar di sebuah kawasan resort di Laut Hitam, Sochi, Rusia.

Ada sejumlah hal penting yang akan dibahas, salah satunya soal penguatan kerja sama 10 negara anggota ASEAN dengan Negeri Beruang Merah. 

 

Dijelaskan Tata, fokus kerja sama yang akan ditingkatkan ada di bidang ekonomi. Dia mengharapkan KTT ini akan membawa ASEAN dan Rusia ke tingkatan kerja sama yang lebih tinggi dari sebelumnya.

"Agenda terkait meningkatkan kerja sama ekonomi dalam menyukseskan MEA dan kerja sama Rusia di MEA," papar Tata.

Walau demikian, dia belum bisa membeberkan detail mengenai apa saja yang akan dibahas di pertemuan ASEAN-Rusia. Sebab, substansi pertemuan masih dibahas sampai sekarang.

"Detail masih dibahas, kesepakatan chairman statement dan juga kesepakatan hasil masih dibahas," pungkas Tata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.