Sukses

Ini Musuh yang Bikin Ngeri Pengendara di Tangerang Selatan

Warga berkali-kali mengeluh, bahkan ada penumpang yang menyuruhnya lewat jalan alternatif asal tidak lewat Jalan Siliwangi.

Liputan6.com, Jakarta - Tercatat 52 tiang listrik berdiri di tengah Jalan Siliwangi, Tangerang Selatan, Banten. Keberadaan puluhan tiang ini tentu mengganggu para pengendara motor-mobil, sebab berbahaya.

"Wah bahaya ini mbak. Kalau meleng dikit, bisa nabrak, celaka lah kita," ujar Yanto (43) salah seorang pengendara motor matic, yang sehari-hari ngojek di Pamulang dan sekitarnya, di Tangerang, Kamis (28/4/2016).

Dia mengaku, warga berkali-kali mengeluh, bahkan ada penumpang yang menyuruhnya untuk lewat jalan alternatif asal tidak lewat Jalan Siliwangi. Selain memang tiang listrik yang mengganggu, pengerjaan jalannya juga masih setengah.

"Itu gorong-gorongnya belum jadi, memang sih di pinggir jalan. Tapi khawatir saja kalau jebros ke dalam bisa patah-patah tulang kita," kata Yanto.

Sementara, Kepala Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air kota Tangerang Selatan Retno Parwati mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PLN wilayah Pamulang dan Ciputat terkait keberadaan tiang listrik di tengah jalan.

"Kamis minggu lalu kami sudah rapat dengan PLN wilayah Ciputat dan Pamulang, mereka mengatakan Senin ini akan memindahkan tiang listrik yang ada di Jalan Siliwangi, Pamulang, dan Simpang Maruga," kata Retno.


Retno berharap, pemindahan tiang listrik ini berjalan lancar, agar tidak mengganggu lalu lintas dan tidak membahayakan pengendara jalan. "Kalau berapa lama pemindahan itu saya kurang tahu, karena sepertinya cukup lama memindahkan kabel-kabel tersebut ke bawah tanah dan butuh waktu juga. Mudah- mudahan bisa cepat," ujar dia.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, memang ada beberapa tiang baru milik PLN yang sudah berada di pinggiran Jalan Siliwangi. Hanya saja pemindahan instalasi yang belum terlihat dikerjakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Ditertibkan

Puluhan tiang listrik berdiri di tengah Jalan Siliwangi, Tangerang Selatan. Sebagian masyarakat terganggu dengan keberadaan tiang listrik tersebut dan cukup membahayakan (Liputan6.com/Pramita)

PLN mulai bertahap menertibkan puluhan tiang listrik di Tangsel. Pekan ini perusahaan listrik pelat merah tersebut mulai memindahkan tiang-tiang listrik ke pinggir jalan.

"Sedang proses pemindahan, mudah- mudahan dalam waktu dekat bisa cepat diselesaikan dan tidak mengganggu arus lalu lintas," ujar General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Syamsul Huda.

Menurut Syamsul, nantinya di wilayah Tangsel akan ada perubahan dari saluran udara tegangan menengah (SURM) menjadi saluran kabel tegangan menengah (SKTM), sehingga lebih aman dan lebih terlihat rapi karena tertanam di bawah tanah.

"Insya Allah akhir bulan Juni 2016 pengerjaan pemindahan kabel dan tiang ini bisa selesai," kata Syamsul. Dalam pemindahan ini, PLN harus merogoh biaya sekitar Rp 4 miliar.

Berdasarkan data yang diperoleh, panjang jaringan yang akan digeser adalah di daerah Simpang Maruga dan Jalan Serua sepanjang 750 meter. Lalu di Jalan Siliwangi sejauh 2.500 meter, dan total ada 3.250 meter atau sebanyak 65 tiang listrik yang harus digeser. "Pengerjaan akan dilakukan segera agar tidak mengganggu arus lalu lintas di sana," ujar Syamsul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.