Sukses

VIDEO: Napi Lapas Banceuy Dipindahkan ke Garut dan Cirebon

Polrestabes Bandung dan personil Polda Jawa Barat mengawal 100 napi Lapas Banceuy menuju Lapas Garut dan Lapas Cirebon.

Liputan6.com, Bandung - Pemindahan tahap kedua warga binaan Lapas Banceuy di Bandung, Jawa Barat, dilakukan Rabu siang ini. Sebagian warga binaan akan dipindahkan ke Lapas Garut dan Lapas Cirebon.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (27/4/2016), anggota Polrestabes Bandung dan personil Polda Jawa Barat telah bersiaga di sekitar Lapas Banceuy. Mereka akan mengawal pemindahan sekitar 100 napi Lapas Banceuy menuju Lapas Garut dan Lapas Cirebon.

Sementara Selasa sore, satu persatu napi Lapas Banceuy dengan tangan terborgol menaiki bus-bus yang telah disiapkan. Sekitar 6 bus yang mengangkut sekitar 140 napi akhirnya meninggalkan lapas.

Para warga binaan itu dipindahkan ke Rutan Kebonwaru, Bandung, karena ruang tahanan tidak lagi memadai, menyusul insiden kerusuhan pekan lalu. Iring-iringan bus dikawal ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap.

Langkah serupa juga diambil pengelola Lapas Kerobokan, Bali. Sebanyak 63 narapidana termasuk kelompok bali nine, Rabu dinihari tadi dipindahkan menuju lapas Madiun, Jawa Timur.

Lapas Madiun dipilih karena masih mampu menampung napi dari lapas lainnya. Tahanan yang dipindahkan dengan menggunakan 3 bus itu dikategorikan sebagai warga binaan yang berpotensi memicu keributan.

Sempat terjadi penolakan dari beberapa napi, namun belakangan mereka memahami keputuan Kalapas. Dalam kesempatan itu, 3 orang yang berstatus tahanan juga dipindahkan ke Lapas Tabanan, Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.