Sukses

PDIP Dukung Komitmen Jokowi Jadikan RI Negara Maritim Dunia

PDIP mengingikan setiap kader bisa dan mampu menjabarkan secara nyata program-program yang berhubungan dengan poros maritim.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan, partainya mendukung penuh program poros maritim yang dicanangkan pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla. Karena itu, PDIP menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kemaritiman.

‎"Dengan rakor ini secara ideologis kita ingin menunjukkan laut adalah halaman depan NRKI. Maka kita sepenuhnya mendukung komitmen Jokowi yang ingin menjadik‎an Indonesia sebagai negara maritim dunia. Itu secara ideologi," ujar Hasto di sela Rakor PDIP Kemaritiman di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (24/4/2016).

‎Karenanya, praktik di lapangannya, PDIP mengingikan setiap kader bisa dan mampu menjabarkan secara nyata program-program yang berhubungan dengan poros maritim. Sebut saja program pemberdayaan nelayan dan program budi daya laut. "Mereka harus punya visi yang sama dengan Jokowi," ujar Hasto.

Dia mengambil contoh di Jawa Timur. Di mana di pasar lelang perikanan, ikan yang begitu banyak dibutuhkan ternyata bandeng. Maka PDIP harus mempelopori hal-hal konkret untuk budi daya bandeng.

Pun demikian dengan kepala daerah yang diusung PDIP, terutama yang daerahnya berada di kawasan pesisir pantai, wajib menjalankan program-program PDIP ini. Khususnya untuk wilayah Indonesia timur, yang dikatakan Hasto sebagai masa depannya NKRI.

"Karena itulah perhatian terhadap laut kita mulai secara dini. Pada tahap awal yang kami prioritaskan ini adalah bidang kemaritiman. (Kita undang-undang menteri terkait dalam rakor ini) memberi paparan dan langkah-langkah konkret dari pemerintah untuk menjabarkan visi misi kemaritiman dari pemerintah Jokowi," kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini