Sukses

Megawati: Indonesia Bisa Musnah Dirusak Masyarakatnya Sendiri

Megawati mengatakan, banyak masyarakat dan pelaku industri rakus menjarah hutan.

Liputan6.com, Pandeglang - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, wilayah RI bisa musnah kapan saja jika tidak mampu menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

"Banyak bangsa yang musnah karena merusak alam dan dirinya sendiri. Suatu saat Indonesia bisa musnah, dirusak oleh masyarakatnya sendiri," kata Megawati, saat menghadiri peringatan Hari Bumi Sedunia di Taman Hutan Rakyat (Tahura), Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu (24/04/2016).

Presiden ke-5 RI ini bercerita, banyak masyarakat dan pelaku industri rakus menjarah hutan. Akibatnya, terjadi perubahan iklim secara drastis di permukaan Bumi.


"Perubahan iklim drastis, itu akibat manusia juga. Manusia sangat ingin mengambil kayu untuk diolah dan diekspor keluar negeri. Tapi mereka lupa menanamnya kembali," terang dia.

Megawati meyakini, jika masyarakat bersama pemerintah tidak bisa menjaga kelestarian alam, maka semakin banyak tanaman dan kayu yang hilang dari hutan. Terlebih, peristiwa kebakaran hutan terus terjadi dan tak terkendali.

"Batang-batang pohon ini sangat menggiurkan, banyak pohon langka di Indonesia sudah betul-betul masuk dalam bahaya. Kalau dibiarkan maka bisa masuk dalam kategori tumbuhan yang sudah tidak ada lagi," pungkas Megawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini