Sukses

Pukul Gong, JK Buka Konferensi Parpol 3 Benua

JK menyatakan pertemuan partai politik ini tentu akan membawa pada pemikiran, kemajuan, dan kebersamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka konferensi internasional partai politik 3 benua. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh JK.

Dalam sambutannya, JK menyatakan pertemuan partai politik ini tentu akan membawa pada pemikiran, kemajuan, dan kebersamaan. Terlebih, tema yang digunakan tahun ini adalah bagaimana peranan partai politik dalam memperkuat demokrasi dan kesejahteraan rakyat.

"Kita setuju bagi kita semua demokrasi bukan tujuan tapi cara untuk mencapai tujuan. Tujuan kita adalah memberikan kemakmuran dan kesejahteraan untuk rakyat kita," kata JK di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Setiap partai politik memiliki peran untuk menjalankan demokrasi dengan baik. Sehingga segala keputusan bisa diambil, dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

"Namun demokrasi juga dijalankan dengan cara berbeda seusai dengan situasi masyarakat, kultur, dan budaya. Tidak bisa jadi copy paste semua negara, bukan juga milik salah satu negara Amerika jadi harus ditiru sepeti itu, tidak. Tapi, bagaimana konsultasi dan mencapai kesejahteraan," imbuh JK.


Sejauh ini, tentu sudah banyak hal yang dicapai. 3 hal yang sudah dicapai adalah perkembangan demokrasi, perekonomian bebaa, dan informasi teknologi. Ketiga hal ini yang tidak bisa dipisahkan.

"Demokrasi membutuhkan dasar kuat dari partai karena pilarnya partai. Apabila ingin meningkatkan tujuan, cara demokrasi partai memperkuat itu. Mencapai kemakmuran butuh satu hubungan invenstasi gabungan masing-masing negara untuk menimbulkan sinergi. Karena hanya dengam sinergi meningkatkan kemakmuran," jelas JK.

Tapi, partai politik tidak bisa menafikan berbagai permasalahan yang ada saat ini. Masalah konflik dan ekonomi di daerah Timur Tengah dan Afrika tentu menjadi tantangan yang harus diselesaikan.

"Pertanyaannya bagaimana partai berperan untuk menstabilkan negara masing-masing sehingga menimbulkan demokrasi itu. Tanpa stabilitas politik dicapai satu hubungan baik tentu tujuan kita tidak bisa dicapai," pungkas JK.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPR Ade Komarudin, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum Hanura Wiranto, dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini