Sukses

Megawati: Parpol Didirikan Bukan untuk Kekuasaan Semata

Megawati Soekarnoputri mengatakan, partai politik di seluruh dunia harus memiliki landasan untuk kesejahteraan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai ‎Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan, partai politik di seluruh dunia harus memiliki landasan untuk kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, ia menekankan semua parpol di seluruh ‎dunia agar tetap memperjuangkan kemerdekaan politik serta ekonomi untuk kesejahteraan rakyat.

"Kesejahteraan rakyat haruslah menjadi muara perjuangan seluruh partai politik, di belahan dunia mana pun. Saya meyakini kesejahteraan rakyat tidak mungkin tercapai tanpa adanya kemerdekaan politik dan kemerdekaan ekonomi," kata Megawati di acara International Conference of Asian Political Parties (ICAPP), di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Ia menuturkan, di era politik modern keberadaan partai politik adalah suatu keniscayaan karena baginya partai adalah alat perjuangan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan. Melalui parpol, lanjut dia, semua bisa melakukan pengorganisiran rakyat secara sistematis.

"Berjuang melenyapkan susunan masyarakat lama yang terkurung feodalisme dan ketertindasan, menuju terwujudnya suatu susunan masyarakat baru yang di dalamnya rakyat hidup merdeka," kata Megawati.


Kemerdekaan, lanjut dia, hanya bisa hadir jika di dalam suatu negara tumbuh subur dan bermekaran tak hanya demokrasi politik, namun juga demokrasi ekonomi.

"Sebuah demokrasi yang membuka pintu selebar-lebarnya bagi rakyat untuk terlibat dalam mewujudkan kedaulatan politik dan kedaulatan ekonomi bangsanya,"‎ ujar dia.

Tak luput ia menekankan,‎ tujuan mendirikan dan membangun partai politik bukanlah semata-mata mengejar kekuasaan politik, meskipun semua memahami kekuasaan penting sebagai sarana untuk melapangkan perjuangan dalam mensejahterakan rakyat.

"Namun tugas dan tanggung jawab partai politik yang sesungguhnya adalah berjuang. Berjuang untuk membebaskan rakyat dan bangsa dari penjajahan dalam bentuk apa pun yang menyebabkan ketertindasan, kemiskinan dan kebodohan," tegas Megawati.

Presiden ke-5 RI ini mengatakan, dengan tujuan tersebut maka tujuan didirikannya partai politik sudah berada di jalur yang benar karena partai didirikan ‎bukan untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu, semangat para pendiri bangsa menurut dia telah menyatukan bangsa Indonesia untuk menyelesaikan tugas sejarah yang telah ditetapkan. "Saatnya kita berkomitmen membangun partai politik yang memberikan kontribusi dalam memperkuat demokrasi untuk kesejahteraan rakyat," tegas Megawati. 

Terakhir, dia mengutip pidato Bung Karno di Sidang Umum PBB pada 1960 yang berjudul Membangun Tatanan Dunia Baru (To Build The Word A New).

"Kami berusaha membangun suatu dunia yang sehat dan aman. Kami berusaha membangun suatu dunia, di mana setiap orang dapat hidup dalam suasana damai. Kami berusaha membangun suatu dunia, di mana terdapat keadilan dan kemakmuran untuk semua orang. Kami berusaha membangun suatu dunia, di mana kemanusiaan mencapai suatu kejayaannya yang penuh," pungkas Megawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

Video Terkini