Sukses

BNPB: Curah Hujan Ekstrem Terus Berlangsung Hingga Mei 2016

Hujan deras di wilayah Jabodetabek disebabkan adanya daerah pertemuan dan belokan angina di sekitar Jawa bagian Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras di wilayah Jabodetabek adalah cuaca ekstrem yang disebabkan adanya daerah pertemuan dan belokan angin di sekitar Jawa bagian Selatan. Hal ini menyebabkan tumbuhnya awan-awan konvektif dan hujan disertai petir.

"Curah hujan tahun 2016 cenderung lebih lama dibandingkan dengan normalnya," kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya, Jumat (22/4/2016).

Diperkirakan, kata dia, curah hujan ekstrem masih berpotensi hingga Mei 2016. Kemudian memasuki masa kering pada Juni 2016 di sebagian besar wilayah barat Indonesia.

Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada. Sebab diperkirakan 3 hari ke depan hujan lebat berpotensi terjadi di Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini