Sukses

VIDEO: Peringati Hari Kartini, Ribuan Buruh Pabrik Kenakan Kebaya

Ada 4 pabrik pembuat rambut sintetis di kabupaten Purbalingga yang mewajibkan karyawannya untuk mengenakan kain kebaya ala Kartini.

Liputan6.com, Purbalingga - Hari lahir Raden Ajeng Kartini diperingati dalam berbagai macam kegiatan di Tanah Air. Di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, sedikitnya 10 ribu buruh pabrik mengenakan busana kebaya ala Kartini secara massal.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (22/4/2016), puluhan ribu karyawan pabrik rambut sintetis ini secara massal mengenakan busana kebaya dan kain batik. Ada 4 pabrik pembuat rambut sintetis di kabupaten Purbalingga yang mewajibkan karyawannya untuk mengenakan kain kebaya ala Kartini.

Meski awalnya para karyawan ini mengaku kerepotan bekerja mengenakan kain kebaya, namun mereka mengaku senang dan bangga bisa merayakan hari Kartini dengan mengenakan kain kebaya.

Kewajiban mengenakan kain kebaya ala Raden Ajeng Kartini merupakan upaya pemerintah daerah kabupaten Purbalingga untuk menanamkan jiwa kepahlawanan.

Terkait acara ini, pemerintah kabupaten Purbalingga menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia dengan rekor pemakai kain kebaya terbanyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.