Sukses

Sungai Citarum Meluap, Karawang Siaga Banjir

Lokasi banjir dekat dengan pertemuan Sungai Citarum dan Cibeet.

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya curah hujan yang turun di wilayah Karawang, membuat Tinggi Muka Air (TMA) di Sungai Citarum meluap. Karawang menetapkan wilayahnya siaga banjir.

Kapolres Karawang Ajun Komisaris Besar Andi Mochamad Dicky Pastika Gading, mengatakan wilayah Karawang yang paling parah terkena banjir adalah di Kampung Pangasinan, RT 02 dan 03 RW 01, Desa Karang Ligar, Kecamatan Teluk Jambe Barat.

Curah hujan tinggi menyebabkan air Sungai Citarum meluap dan merendam sebagian Karawang (Istimewa)

Ketinggian banjir mencapai 30 hingga 60 centimeter. "Kemungkinan akan terus naik sehubungan bendungan Cibeet sekarang kondisi Siaga," kata Dicky melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (21/4/2016).

 

Lokasi banjir, jelas Dicky, dekat dengan lokasi pertemuan Sungai Cibeet dan Sungai Citarum.

"Banjir diakibatkan meluapnya jumlah debit air di Citarum akibat hujan mulai malam hari sampai subuh di wilayah Karawang dan Bandung," ujar Dicky.

Curah hujan tinggi menyebabkan air Sungai Citarum meluap dan merendam sebagian Karawang (Istimewa)

Saat ini jajaran Polres Karawang membantu evakuasi warga terdampak banjir bersama-sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang.

"Langkah yang dilakukan seperti evakuasi warga, pengamanan lokasi banjir, pemantauan ketinggian air, dan bantuan kesehatan," kata Dicky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini