Sukses

Kapolri Lantik Kabaintelkam, Kadiv Humas, dan 5 Kapolda Baru

Kapolri juga melantik Irjen Condro Kirono sebagai Kapolda Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Polri kembali melakukan rotasi terhadap sejumlah jabatan di lingkungan Mabes Polri dan kepolisian daerah. Tercatat ada sejumlah jenderal yang bergeser mengisi jabatan strategis di Polri.

Ada Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam), Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Kepala Divisi Humas Polri, dan lima Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Pada acara serah terima jabatan (sertijab) yang dilangsungkan di Rupatama Mabes Polri, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti para pejabat yang dilantik.

"Bahwa saya selaku pejabat polri akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahwa saya akan menaati segala peraturan Undang-undang dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab," ucap Kapolri yang diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Usai membacakan sumpah jabatan, Kabaintelkam, Kakorlantas, Kadiv Humas dan lima kapolda yang dilantik langsung menandatangani nota sertijab dari pejabat lama. Kemudian, mereka juga menyerahkan tongkat komando kepada masing-masing pejabat baru.

"Lapor berdasarkan Surat Perintah Kapolri, telah menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Kabaintelkam Polri kepada Irjen Pol Nur Ali," ucap Komjen Djoko Mukti Haryono.

Berdasarkan surat telegram bernomor ST/936/IV/2016 tertanggal 14 April 2016, Kabaintelkam yang dijabat Komjen Djoko Mukti Haryono digantikan Irjen Nur Ali yang masih menjabat Kapolda Jateng.

Posisi Kapolda Jateng akan diisi oleh Irjen Condro Kirono yang masih menjabat sebagai Kakorlantas Polri. Posisi Condro beralih kepada Brigjen Polisi Agung Budi Maryoto yang saat ini menjabat Kapolda Kalsel.

Kemudian, Agung selanjutnya diestafetkan kepada Brigjen Polisi Erwin Triwanto yang menjabat Kapolda DIY. Sementara posisi Kapolda DIY selanjutnya diserahkan kepada ‎Brigjen Polisi Prasta Wahyu yang masih menjabat Karorenmin Baintelkam.

Posisi Kapolda Sulselbar yang dijabat Irjen Pudji Hartanto dan sempat kosong karena alih jabatan ke Dirjen Perhubungan Darat diserahkan kepada Irjen Anton Charliyan yang kini menjabat Kadiv Humas. Sementara Kadiv Humas akan dijabat Brigjen Polisi Boy Rafli Amar yang masih memegang tongkat komando Polda Banten.

Posisi Kapolda Banten sendiri akan diisi oleh Brigjen Polisi Ahmad Dofiri yang menjabat Kepala Biro Pembinaan Karyawan Staf Sumber Daya Manusia (Karobinkar SSDM) Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini