Sukses

VIDEO: Sambut Hari Kartini, Kemeriahan Terjadi di Berbagai Daerah

Ada polwan yang gelar lomba menarik mobil, siswi dan guru main bola mengenakan kebaya, lomba panjat tebing dan berkebaya di dalam air.

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati hari Kartini tanggal 21 April ini, beragam cara dilakukan untuk memperingatinya. Ada polwan yang menggelar lomba menarik mobil, siswi dan guru main bola mengenakan kebaya, lomba panjat tebing Kartini cilik dan berkebaya di bawah air bersama ribuan ikan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (20/4/2016), emansipasi wanita tidak hanya terbatas pada status sosial melainkan juga kekuatan fisik. Hal ini menjadi penyemangat bagi para Polwan di Temanggung, Jawa Tengah.

Mereka berlomba adu kekuatan menarik mobil patroli dengan 20 personil di dalam mobil. Hadiah langsung dari Kapolres berupa uang tunai didapat Deni Susiana yang berhasil menjawab tantangan ini kendati harus menguras tenaga habis-habisan.

Berbeda halnya di Madiun, Jawa Timur. Para siswi bertanding melawan guru perempuan bermain bola dengan menggunakan kebaya. Tentu saja, permainan sepak bola yang didominasi kaum pria dimainkan sedikit lebih sulit oleh para wanita yang mengenakan kebaya ini. Tetapi pesan dari kegiatan ini adalah untuk membuktikan jika wanita saat ini juga bisa melakukan aktivitas para pria.

Sementara itu, di Kulunprogo, Yogyakarta, para siswi SD Negeri Cabean memperingati hari Kartini dengan memanjat dinding menggunakan kebaya. Orang tua yang menyaksikan nampak bangga melihat anak mereka bisa panjat dinding, akan tetapi sarana pengamanan harus lebih ditingkatkan karena bocah-bocah ini memanjat dinding tanpa tali pengaman dan hanya mengandalkan busa di bawahnya.

Di Klaten, Jawa Tengah, peringatan hari Kartini juga dilakukan di bawah air. Seperti yang dilakukan Tyas Fitriana yang memperingati hari Kartini dengan mengenakan kebaya di bawah air di tempat wisata Umbul Ponggok. Jernihnya air serta banyaknya ikan-ikan di sekeliling membuat pemandangan lebih indah. Pesan semangat Kartini tampaknya menggema juga dari bawah air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.