Sukses

VIDEO: Warga Relokasi Pasar Ikan Dapat Gerobak Bakso dan Mie Ayam

Pembagian gerobak ini agar kehidupan warga Pasar Ikan bisa mencari rejeki dengan berdagang di sekitar rusun.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta memberikan gerobak bakso dan mie ayam untuk berdagang kepada warga eks-Pasar Ikan di Rumah Susun (Rusun) Rawa Bebek, Jakarta.

Pembagian gerobak ini dilakukan agar kehidupan warga Pasar Ikan setelah relokasi kembali normal dan bisa mencari rejeki dengan berdagang di sekitar rusun.

Namun warga kembali mengeluh karena mereka tidak memiliki modal.

Meski masih mengeluh, warga relokasi Pasar Ikan lebih beruntung. Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (19/4/2016), kehidupan sebagian warga Pasar Ikan yang tinggal di perahu lebih tak menentu.    

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka mengandalkan uluran tangan para dermawan. Ditambah lagi mereka tidak bisa melaut karena tidak memiliki modal.

"Ya sampai mendapatkan hak ganti rugi bangunan aja. Kan kita punya surat-surat dan PBB-nya juga di sini. Tiap tahun kita bayar," kata Sarti, salah satu warga Pasar Ikan yang tinggal di perahu.

Tapi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersikeras mendiamkan warga Pasar Ikan, Kampung Luar Batang yang tinggal di perahu.

Ahok berkeyakinan warga yang masih bertahan akan segera pindah atau hilang dengan sendirinya.

"Itu mah alasan aja. Kamu kan bilang, kamu itu nelayan. Kamu kalau nelayan kenapa tidak mau tinggal di Marunda, dekat perahu. Kenapa masih ngotot tinggal di Pasar Ikan. Itu berarti politik," kata Ahok.

Wilayah Luar Batang masuk dalam rencana revitalisasi yang dilakukan Pemprov DKi Jakarta. Nantinya kawasan ini akan di tata kembali dan disulap menjadi tempat wisata bahari di Pantai Utara Jakarta. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.