Sukses

Kaki Harimau Sumatra Remuk Dijerat

Seekor harimau Sumatra diamputasi kakinya setelah terkena jeratan yang dipasang warga Desa Jambu Apa, Tapak Tuan, Aceh Selatan. Warga memburunya karena sang raja hutan sering makan ternak mereka.

Liputan6.com, Aceh Selatan: Seekor harimau Sumatra diamputasi kakinya setelah terkena jerat yang dipasang warga Desa Jambu Apa, Tapak Tuan, Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam, baru-baru ini. Tulang kaki satwa yang dilindungi ini remuk terkena jerat. Harimau yang dipastikan akan cacat permanen ini diserahkan ke Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser.

Menurut warga, sejak sebulan terakhir mereka secara terus-menerus memburu satwa langka ini karena keberadaannya sangat meresahkan. Harimau betina yang diperkirakan berusia sekitar 20 tahun ini kerap ke pemukiman memburu hewan ternak. Tak hanya sekali, sejak dua bulan terakhir banyak warga yang mengaku kehilangan hewan ternaknya.

Petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser mengungkapkan, pihaknya masih melakukan perawatan intensif terhadap satwa langka ini. Setelah masa kritisnya terlewati, rencananya binatang ini dibawa ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Banda Aceh.

Meski harimau ini telah tertangkap, warga mengaku belum bisa hidup tenang. Pasalnya hingga kini masih ada satu harimau jantan lain yang belum tertangkap. Warga berharap, Dinas Kehutanan segera menangkapnya untuk mengantisipasi segala kemungkinan termasuk kemungkinan korban di pihak warga yang dimangsa sang raja hutan itu.(JUM/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini