Sukses


Hidupkan Kembali GBHN, MPR Gelar Forum Diskusi di 33 Provinsi

Untuk mendapatkan masukan yang konkret soal haluan negara, MPR rajin gelar forum diskusi di 33 provinsi.

Liputan6.com, Bangka Belitung Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, keinginan untuk menghidupkan kembali haluan negara model GBHN merupakan pekerjaan yang sedang menjadi fokus MPR saat ini.

Untuk mencari model haluan negara seperti apa, bagaimana produk hukumnya, dan apa sanksi bila presiden dan kepala daerah tidak menjalankan haluan negara, lanjut Zulkifli, MPR mendiskusikan masalah tersebut dengan melakukan kegiatan focus group discussion (FGD).

"Kita akan melaksanakan FGD di 33 provinsi," ujar Zulkifli dalam sambutan FGD di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Senin (18/4/2016).

Dia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, para akademisi, anggota MPR, dan kepala daerah dimintai saran dan pendapat soal haluan negara yang akan digunakan oleh pemerintah periode mendatang.

"Kita mendiskusikan secara mendalam untuk mendapat masukan yang konkret," ujar Zulkifli.

Diungkapkan Zulkifli, keinginan untuk menghidupkan haluan negara model GBHN adalah rekomendasi MPR Periode 2009-2014. Politisi PAN ini pun berharap, haluan negara yang kelak dijadikan panduan pembangunan harus memuat semua bidang yang sifatnya jelas dan komprehensif.

Selain itu, dia menambahkan, juga harus memuat wawasan kebangsaan agar karakter kebangsaan masyarakat semakin kuat. 

"Keinginan menghidupkan haluan negara model GBHN juga muncul dari aspirasi masyarakat yang sering mendatangi pimpinan MPR," jelas Zulkifli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.