Sukses

Abu Bakar Baasyir Dijaga Natsiruddin di Lapas Gunung Sindur

Sebelum memasuki ruang tahanan, Amir Jamaah Anshorud Tauhid (JAT) itu diperiksa kesehatannya oleh dokter dari Lapas Gunung Sindur.

Liputan6.com, Bogor - Narapidana kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Gunung Sindur, Sabtu siang tadi.

Ia dipindahkan bersama Muhammad Natsiruddin, terpidana dalam kasus yang sama dengan Baasyir. Keduanya ditempatkan di blok D1 terpisah dari penghuni lainnya.

"Beliau ditempatkan satu ruangan bersama Natsiruddin," kata Kepala LP Klas III Gunung Sindur, Gumilar Budimulya.

Pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia itu sengaja ditempatkan bersama Natsiruddin dengan pertimbangan kesehatan, mengingat kondisinya sudah tua dan sering sakit-sakitan.

"Karena sudah tua, kasihan kalau di ruangan sendiri. Kalau ada temannya kan ada yang jagain," kata dia.


Sebelum memasuki ruang tahanan, lanjut Gumilar, Amir Jamaah Anshorud Tauhid (JAT) itu diperiksa kesehatannya oleh dokter dari Lapas Gunung Sindur.

"Tadi sebelum masuk diperiksa, kesehatannya baik, jantungnya juga bagus," ujar Gumilar.

Dia mengatakan, LP tersebut memiliki sejumlah petugas kesehatan, seperti perawat, dokter dan fasilitas ambulans. Bahkan, pihaknya menyediakan dokter khusus untuk Pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mukmin itu.

"Kami sediakan dokter khusus untuk Beliau," kata Gumilar.

LP Gunung Sindur juga berdekatan dengan sejumlah rumah sakit ternama. Hal itu memudahkan penanganan kesehatan Abu Bakar Baasyir yang saat ini berusia sekitar 78 tahun.

"Kalau di sini kan mau ke rumah sakit yang dipandang bagus kan deket. Ada RS BSD, Eka Hospital, dan Siloam. Tidak seperti di Cilacap aksesnya sulit," kata dia.

Baasyir menghuni Lapas Batu sejak 6 Oktober 2012, setelah dipindah dari Rumah Tahanan Bareskrim Polri di Jakarta.

Sejak 15 Januari 2013, Baasyir dipindah ke Blok D Lapas Pasir Putih, Nusakambangan.
Baasyir dan Natsirudin dipindahkan dari Lapas Pasir Putih, Nusakambangan ke LP Gunung Sindur menggunakan pesawat carteran.  Tepat pukul 12.05 WIB, Baasyir tiba di LP Gunung Sindur menggunakan Baracuda dengan pengawalan ketat dari Brimob Kedung Halang Bogor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.