Sukses

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo Sambangi KPK, Ada Apa?

Bambang mengatakan Kadin ingin terlibat dalam memberantas korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia tak datang sendiri. Ada sekitar 5 orang yang bersamanya.

Pria yang kerap disapa Bamsoet ini mengatakan, kedatangannya bukan sebagai wakil rakyat, melainkan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Kehadirannya untuk berdiskusi terkait banyaknya pengusaha yang terlibat suap.

"Kita lihat akhir ini pengusaha terlibat suap jadi Kadin merasa perlu untuk mengadakan kerja sama dengan KPK," ujar Bambang di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Politikus Partai Golkar ini berencana membahas upaya pencegahan korupsi di kalangan pengusaha. Kadin, kata dia, ingin ikut terlibat dalam memberantas korupsi.

"Yang terpenting adalah kita juga sebagai pengusaha meminta KPK mendorong perbaikan birokrasi karena hal yang sering menjerat pengusaha itu adalah birokrasi," ungkap Bambang.

Bambang mengakui, pengusaha kerap dipalak kepala daerah atau calon kepala daerah incumbent. Pengusaha, kerap dimintai uang dengan kedok sumbangan yang membuat mereka dilematis.

"Ketika ada bupati, wali kota, gubernur mau mencalonkan diri, misalnya, kami pengusaha diminta sumbangan. Enggak nyumbang salah, nyumbang ditangkap," kata Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Bambang Soesatyo

Video Terkini