Sukses

Ribuan Mahasiswa Berdemo ke Istana Negara

BEM se-Indonesia berunjuk rasa menuntut pemerintahan baru agar memperbaiki sektor pendidikan dan memberantas korupsi.

Liputan6.com, Jakarta: Aksi unjuk rasa turut mewarnai acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Sekitar seribu mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia melakukan aksi unjuk rasa menuju Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/10). Mereka menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang baru saja dilantik untuk memperbaiki sektor pendidikan dan korupsi.

Para mahasiswa ini melakukan aksi jalan kaki dari kampus Universitas Negeri Jakarta menuju Istana Negara. Mereka berharap, koalisi partai politik yang mendukung pemerintahan sekarang tidak menjadikan pemerintahan SBY-Boediono kembali  seperti rezim Orde Baru. Para mahasiswa juga memprotes petugas kepolisian yang menghalangi rekan mereka, mahasiswa dari Bandung dan Bogor, Jawa Barat, yang rencananya juga melakukan unjuk rasa di Jakarta.

Unjuk rasa juga berlangsung di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Berbagai elemen masyarakat berencana berunjuk rasa di depan gedung DPR/MPR, namun dihadang kepolisian pada jarak 200 meter menjelang gedung dewan. Aksi yang dilakukan oleh mahasiswa dan para ibu rumah tangga ini menuntut diturunkannya harga bahan bakar minyak. Massa akhirnya dibubarkan petugas kepolisian setelah acara pelantikan presiden dan wapres berakhir. Simak selengkapnya dalam tayangan video berikut.(TES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.