Sukses

VIDEO: 91 Unit Rusun Rawa Bebek Telah Ditempati Warga Luar Batang

Meski fasilitas Rusun Rawa Bebek cukup memadai, namun warga masih mengeluhkan sulitnya akses ke lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Terkena proyek revitalisasi, sebagian warga Luar Batang telah menghuni Rusun Rawa Bebek di Cakung, Jakarta Timur. Unit pengelola rusun mencatat 91 unit telah ditempati.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (11/6/2016), unit Rusun Rawa Bebek yang ditempati warga Luar Batang hanya untuk sementara. Karena unit ini dikhususkan untuk warga yang belum menikah atau berkeluarga.

Sementara untuk yang sudah berkeluarga nantinya akan dipindahkan ke gedung yang lebih luas. Meski fasilitas Rusun Rawa Bebek cukup memadai, namun warga masih mengeluhkan sulitnya akses ke lokasi.

Hari Minggu 10 April kemarin merupakan hari terakhir warga Pasar Ikan Luar Batang berkumpul di lingkungan mereka.

Di teras, para ibu rumah tangga bercengkrama, sementara anak-anak mereka bermain bersama. Ada juga keluarga yang mengemas barang bersiap untuk pindah.

Berat memang untuk meninggalkan rumah dan lingkungan yang telah dihuni puluhan tahun. Serta menyisahkan sejarah tersendiri bagi penghuninya.

"Dari sekolah SD, SMP, SMA, sampai orangtua di sini, meninggal dimakamkan di sini. Ya udah banyak sekali kenangan kita sekolah dari kecil hingga besar segini, dan sampai sekarang masih bertahan di sini," kata Suhartono, salah satu warga Luar Batang.

"Banyaklah yang berkesan dengan di sini itu. Namanya tempat kelahiran kita di sini itu, ya nggak bakalan bisa kita lupain biar sampai kapan pun," lanjut Siska, warga Luar Batang.

Warga Pasar Ikan Luar Batang yang rumahnya direlokasi akan menempati Rusun Rawa Bebek, Jakarta Timur, Rusun Kapuk Muara, dan Rusun Marunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.