Sukses

Diduga Menculik Pengusaha Wanita, 6 Pria Dibekuk di Tanjung Priok

Keenam orang tersebut telah menculik dan menyekap korbannya sejak Senin 4 April 2016.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Aparat Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap 6 orang yang diduga menculik dan menyekap seorang pengusaha bernama Puspita Widyasari (42). Keenamnya diringkus di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis 7 April 2016 malam.

"‎Telah dilakukan penangkapan terhadap 6 terduga pelaku penyekapan atau perampasan hak kemerdekaan seseorang," ujar Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Eko Hadi Santoso melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (8/4/2016).

‎Menurut Eko, mereka telah menyekap korbannya sejak Senin 4 April 2016. Mereka dikabarkan juga sempat meminta tebusan Rp 620 juta kepada keluarga korban. Bahkan mengancam akan membunuh korbannya.

"‎Keluarga korban sempat menerima telepon dari pelaku agar membawa uang sesuai yang diminta agar korban bisa pulang," tutur dia.

Keluarga korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro Jaya pada Kamis 7 April 2016. Dalam waktu cepat, polisi berhasil mengendus lokasi para pelaku dan langsung melakukan penangkapan.

Di antara 6 orang tersebut, 4 pria berinisial AA (26), YR (43), RL (42), dan AH (34) diduga bertugas untuk mengintimidasi korban. Sementara 2 lainnya, yakni ‎AS (45) berperan mengawasi korban agar tidak kabur, ‎dan AM (39) merupakan asisten AA.

Dalam penangkapan tersebut, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa 5 KTP, 1 SIM C, dan 11 unit ponsel berbagai merek.‎ ‎Keenamnya dijerat dengan Pasal 333 KUHP tentang Tindak Pidana Penculikan dengan ancaman hukuman maksimal 8 tahun penjara.

Seperti disampaikan Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Krishna Murti. "Anggota kami sudah ada di lapangan (menangkap pelaku). Saat ini sedang perjalanan dibawa ke sini (Mapolda Metro Jaya)," ucap Krishna saat dikonfirmasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.