Sukses

Bekerja di Luar Kota Tetap Bisa Beli Rumah

Walaupun Anda bekerja di luar kota yang memiliki UMR berbeda, Anda tetap bsia memiliki istana impian

Liputan6.com, Jakarta

Memiliki istana pribadi merupakan impian semua orang. Namun harganya yang tidak murah membuat beberapa orang merasa tidak yakin untuk bisa menggapai impiannya tersebut. Padahal, rumah tetap bisa dibeli dengan mudah walaupun Anda memiliki gaji yang pas-pasan.

Lagipula, membeli rumah bukan hanya untuk orang yang bergaji besar. Orang yang bergaji UMR pun bisa memiliki rumah. Bahkan jika Anda bekerja di luar kota yang memiliki UMR berbeda. Berikut beberapa cara agar Anda bisa segera mendapatkan istana impian.

1. Buatlah Rencana Keuangan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, buatlah dulu rencana keuangan Anda selama sebulan. Hitunglah pengeluaran wajib untuk kebutuhan Anda dan pengeluaran penting lainnya terlebih dahulu. Lalu, buatlah perkiraan untuk pengeluaran down payment (DP) rumah dan cicilan rumah per bulannya. Disarankan, cicilan rumah diberikan juga batas maksimum sebesar 30 persen dari besarnya gaji per bulan.

2. Carilah KPR yang Tepat

Mulailah mencari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bank yang tepat. KPR biasanya menyediakan cicilan rumah dengan kisaran 15-20 tahun. Anda pun harus bisa memilih jangka waktu yang tepat karena itu memberikan pengaruh terhadap besarnya nominal cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Dan jangan lupa juga untuk mencari bank yang memiliki KPR dengan bunga yang rendah.

3. Ketahui Nilai Investasi Lingkungan Rumah
Ketika ingin membeli rumah, Anda pun harus melihat lingkungan rumah yang ingin Anda beli. Dengan demikian, Anda pun bisa menganalisis tingkatan harga properti di daerah tersebut karena rumah juga menjadi aset investasi yang penting.

4. Mulai Latihan Mencicil

Setelah itu, Anda perlu latihan mencicil selama 4-5 bulan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda bisa melihat apakah Anda sudah bisa dan siap untuk mencicil KPR atau belum. Tidak memerlukan uang yang besar untuk melakukan latihan, cukup hanya dengan Rp 500-600 ribu per bulannya.

Jadi, jangan ragu dan takut lagi untuk membeli rumah dengan gaji pas-pasan. Dengan merencanakan gaji Anda dengan baik, semuanya pun bisa menjadi lebih mudah. Walaupun gaji yang Anda lebih kecil karena bekerja di luar kota.

Punya pengalaman bekerja di luar kota dan tetap bisa berinvestasi? Share pengalaman Anda sekarang juga, ada hadiah laptop, handphone dan voucher belanja juga, loh! Yuk, bagi pengalamanmu sekarang: Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini