Sukses

Tak Cuma Garut, Daerah Selatan Jawa Rawan Gempa dan Tsunami

Gempa 6,1 skala Richter yang terjadi di wilayah Garut, Jawa Barat pada 6 April 2016 pukul 21.45 WIB terasa hingga ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa 6,1 skala Richter yang terjadi di wilayah Garut, Jawa Barat pada Rabu 6 April 2016 pukul 21.45 WIB terasa hingga ke Jakarta. Meski Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa tersebut tak merusak, masyarakat tetap diimbau untuk waspada.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap gempa yang bisa datang mendadak. Wilayah di selatan Jawa memang rawan gempa bumi dan tsunami," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Dia menjelaskan, sumber ancaman gempa berasal dari jalur subduksi atau pertemuan lempeng tektonik Hindia Australia dan lempeng Eurasia. Kedua tumbukan lempeng tadi bergerak aktif rata-rata 5-7 cm setiap tahunnya ke arah utara dan timur laut.

"Selain itu ancaman gempa juga dari sesar (patahan) yang ada di darat, seperti sesar Lembang, Cimandiri, Opak, dan lainnya," tutur dia.

Gempa 6,1 SR yang menggoyang Garut berpusat 101 km Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gempa cukup dangkal dan berada pada sisi dalam lempeng Eurasia sehingga dirasakan oleh masyarakat di sekitar Selatan Jawa Barat, sebagian Banten dan Jawa Tengah.

Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa ini.

"Guncangan memang cukup keras. Namun tidak merusak," tandas Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini