Sukses

Gempa Garut Dirasakan hingga Banjarnegara dan Cilacap

Gempa 6,1 skala richter menggoyang Garut Jawa Barat, Rabu, 6 April sekitar pukul 21.45 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa 6,1 Skala Richter (SR) yang berpusat di barat daya Garut, Jawa Barat, juga dirasakan hingga Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Banjarnegara, gempa tersebut dirasakan di Banjarnegara," kata Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara Teguh Rahayu seperti dikutip dari Antara, Rabu malam (6/4/2016).

Dihubungi secara terpisah, Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima Stasiun Meteorologi Cilacap, gempa tersebut dirasakan hingga Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.


"Gempa juga dirasakan di beberapa wilayah Cilacap seperti Dayeuhluhur, Majenang, Cimanggu, dan Sampang," kata Teguh.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Cilacap, Maryam mengaku terkejut dengan adanya guncangan gempa.

"Saat itu saya sedang tiduran, tiba-tba ada guncangan dan ternyata terjadi gempa. Namun guncangannya tidak terlalu kencang," kata Maryam.

Gempa 6,1 skala richter menggoyang Garut, Jawa Barat, Rabu, 6 April sekitar pukul 21.45 WIB. Pusat gempa berada di 101 kilometer barat daya Garut, Jawa Barat. Sedangkan kedalaman gempa berada di 10 kilometer di dasar laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Garut