Sukses

Sidak ke PLTS di Morotai, Jokowi Temukan Banyak Alat yang Rusak

PLTS Daruba adalah pembangkit listrik yang memiliki kapasitas 600 KW tapi kini tidak dapat beroperasi secara optimal.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi tiba-tiba mendatangi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Daruba di Desa Juanga, Morotai Selatan pagi ini. Kedatangannya, di luar agenda resmi mantan Wali Kota Solo itu.

PLTS Daruba adalah pembangkit listrik yang memiliki kapasitas 600 KW. Tapi kini tidak dapat beroperasi secara optimal. Saat tiba di PLTS Daruba, Jokowi disambut Menteri ESDM Sudirman Said dan langsung melihat ruang pengendali dan panel surya.

"Otomatisnya rusak sehingga yang dipakai hanya manual, tapi ada yang mangkrak, juga yang di Halmahera," kata Jokowi di Morotai seperti dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi Presiden, Rabu (6/4/2016).

Menurut dia, meski di daerah, infrastruktur harus tetap dilakukan manajamen pengawasan dan manajemen kontrol. "Kita harus lihat (PLTS) segede ini yang pegang hanya satu orang. Coba lihat ke dalam perangkat seperti apa gedenya kayak gitu, banyaknya kayak gitu," ucap Jokowi.

Saat meresmikan beberapa PLTS dan PLTMH kemarin, Jokowi mengingatkan pentingnya perawatan dan pemeliharaan.

"Saya senang sekarang di sini dibangun PLTS, meskipun kecil tapi bermanfaat. Saya titip satu saja, masalah pemeliharaan. Orang Indonesia ini paling tidak bisa merawat, bangunnya pintar, buatnya pintar, tapi merawatnya nggak bisa. Jangan bongan-bangun tapi merawatnya tidak bisa," tutup Jokowi.

Usai meninjau PLTS Daruba, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan singgah di Museum Trikora sebelum menuju Pangkalan TNI AU Leo Wattimena, Morotai.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan itu adalah Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PLTS adalah sistem pembangkit listrik yang mengandalkan tenaga surya.

    plts

  • Morotai

Video Terkini