Sukses

Uji Coba Penghapusan 3 in 1, Semanggi-Cawang Mandek

Diperkirakan kecepatan laju kendaraan hanya 0 sampai 5 kilometer per jam.

Liputan6.com, Jakarta - Uji coba penghapusan 3 in 1 mulai dilakukan pada hari ini. Kemacetan parah terjadi di sejumlah ruas jalan di antaranya di ruas Jalan Semanggi, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, Selasa malam, dari atas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Semanggi, tepatnya di depan Markas Polda (Mapolda) Metro Jaya, laju kendaraan di ruas Jalan Gatot Subroto dari arah Kuningan menuju Slipi menumpuk di depan Halte Komdak hingga ke Jembatan Semanggi.

Ini disebabkan pertemuan kendaraan dari arah kawasan Sudirman Central Business Distrik (SCBD) di belakang Polda Metro dan kendaraan dari arah Kuningan. Kendaraan baik roda dua maupun empat, hanya dapat memacu kecepatan 0 sampai 5 kilometer per jam.

Selepas Jembatan Semanggi, penumpukan kendaraan di ruas jalan menuju Slipi terpantau terurai dan lancar. Begitu pula yang terjadi di ruas jalur bebas hambatan Cawang-Slipi. 

Ruas jalan arah sebaliknya dipenuhi kendaraan-kendaraan, yang sejauh mata memandang, sudah mengular sejak dari arah seberang Gedung DPR/MPR RI. Penumpukan kendaraan di Jalan Jenderal Gatot Subroto depan Plaza Semanggi sudah jadi pemandangan sehari-hari kala jam pulang kantor.

Bahkan rute kemacetan diketahui sampai Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur. Ruas jalan tol pun menyuguhkan pemandangan yang sama. Lampu-lampu belakang mobil menyala merah tanda kendaraan terhenti setelah melaju meter per meter. Diperkirakan kecepatan laju kendaraan hanya 0 sampai 5 kilometer per jam.

Kawasan Semanggi sehari-hari memang sudah menjadi langganan macet karena letaknya di persimpangan jalan utama penghubung kota Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat. Pengendara yang sehari-hari melewati kawasan ini mengaku tak merasakan dampak signifikan dari penghapusan 3 in 1, baik positif maupun negatif.

"Kayaknya sama aja deh. Saya kantornya di Sudirman mau pulang ke Pondok Gede. Macet gini memang setiap hari. (Kalau) Macet berkurang, enggak. (Kalau) Macet biasa nggak tahu ya. Karena setiap hari gini kalau sore. Parah (macetnya)," ujar pengendara, Sabath kepada Liputan6.com di Jalan Sudirman, samping Mapolda Metro Jaya, Selasa (5/4/2016).

Di lokasi itu, terjadi ketersendatan arus lalu lintas menuju arah Senayan. Pertemuan kendaraan di titik kolong Jembatan Semanggi dan belokan arah SCBD menjadi faktor penyebab kemacetan. Ditambah lagi, bus angkut penumpang menaik-turunkan penumpang di lokasi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.