Sukses

Upah di Bawah UMR, Buruh Unjuk Rasa

Buruh PT Wahyu Isna Furninaya menuntut perbaikan kesejahteraan. Mereka minta Bupati Sukoharjo menindak tegas pemilik perusahaan karena mengabaikan hak-hak buruh.

Liputan6.com, Sukoharjo: Buruh PT Wahyu Isna Furninaya di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (14/10), berunjuk rasa ke Gedung Dinas Tenaga Kerja Sukoharjo dan Kantor Bupati. Mereka menuntut bupati turun tangan mengatasi masalah yang menimpa mereka. Para buruh merasa gaji sebesar Rp 400 ribu per bulan terlalu jauh dibawah upah minimum yang ditetapkan pemerintah setempat, yakni Rp 710 ribu. Selain itu, pihak perusahaan juga tidak mengikutsertakan para buruh dalam program jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek).

Unjuk rasa sempat diwarnai adu mulut antara pendemo dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Sukoharjo yang tidak mengizinkan para buruh memasuki kompleks kantor bupati. Namun aksi ini dapat diredam setelah tim dari perwakilan buruh bernegosiasi dengan petugas Satpol PP. Para buruh berjanji akan menggelar lagi unjuk rasa hingga tuntutannya dikabulkan. Simak selengkapnya di video.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.