Sukses

VIDEO: Siswa di Blitar Pakai Baju Tradisional Saat Ujian Nasional

Namun, para siswa merasa tak nyaman harus mengenakan pakaian tradisonal saat menjalani ujian nasional.

Liputan6.com, Blitar - Berbeda dari siswa SMA lainnya, siswa di Kota Blitar, Jawa Timur diwajibkan mengenakan pakaian tradisional saat mengikuti Ujian Nasional (UN).

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (4/4/2016), kewajiban ini diterapkan karena Kota Blitar tengah merayakan hari ulang tahun ke-110.

Namun, para siswa merasa tak nyaman harus mengenakan pakaian tradisional saat menjalani ujian.

Di SMA Negeri 2 Bandung, Jawa Barat, ujian nasional kali ini sekaligus dijadikan momentum untuk mencanangkan gerakan anti-menyontek.

Sekolah menyematkan pita biru pada lengan kanan beberapa siswa. Aksi ini sengaja dilakukan sekolah  sebagai bentuk apresiasi terhadap pelajar berprestasi. Selain itu, untuk memotivasi siswa lain untuk berperilaku jujur.

Para siswa SMA yang berada di rumah tahanan pun juga menjalani ujian nasional. Di Sampang, Jawa Timur, dua siswa penghuni rutan kelas 2 B Sampang, mengerjakan soal UN dengan pengawalan ketat polisi dan petugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang.

Di Tangerang, Banten, ada 16 siswa binaan Lembaga Permasyarakatan Anak Kelas 1 Tangerang yang juga mengikuti UN.

Meski berada di dalam rutan, para siswa tetap bersemangat mengikuti UN. Mereka juga optimis dapat lulus ujian nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.