Sukses

Kecemasan Menteri Anies Saat Anaknya Hadapi UN

Anies mengajak para orangtua menjaga suasana tenang belajar di rumah. Suasana yang nyaman untuk anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengaku khawatir seperti layaknya para orangtua lainnya ketika anak sulungnya, Mutiara Annisa, mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan dimulai Senin besok.

"Sebagai orangtua, seperti halnya ibu dan bapak, kami juga turut merasakan apa yang dirasakan anak-anak kita. Ada pengharapan mendapat hasil terbaik, tetapi juga mungkin terbersit kekhawatiran," ujar Anies seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Minggu (3/4/2016).

Anies mengajak para orangtua menjaga suasana tenang belajar di rumah. Suasana yang nyaman untuk anak-anak.

"Saya berharap, kita sebagai orangtua menghindari hal-hal yang bisa menggangu ketenangan persiapan anak dalam menghadapi UN."

Kepada peserta UN, Anies berpesan agar jangan tegang. Tak perlu khawatir berlebihan, namun manfaatkan tantangan ini sungguh-sungguh sebagai kesempatan bercermin apa yang sudah diraih dan perlu dilakukan ke depan.


"Jangan terlalu memaksa diri untuk belajar. Harus istirahat yang cukup. Malam menjelang UN jangan belajar semalaman. Justru harus tidur cukup. Jangan lakukan hal yang sebelumnya tidak biasanya kita lakukan," imbuh dia.

Anies juga berpesan kepada peserta UN untuk mempersiapkan semua kebutuhan yang harus dibawa ke sekolah saat UN.

Perhatikan dan persiapkan dengan detail sehari sebelum UN, mulai dari baju seragam hingga pensil, penghapus dan rautan. Pastikan berangkat awal dari rumah, agar tidak terburu-buru di jalan dan bisa sampai di lokasi UN dengan tenang dan tepat waktu.

"Saya berharap anak-anakku semua tetap percaya pada diri sendiri. Saya mengingatkan kepada semua untuk tidak melakukan cara-cara yang tidak terpuji sewaktu UN, seperti menyontek atau percaya pada mereka yang menawarkan jawaban," kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.