Sukses

Sudah Mati Pun Diganggu Penurunan Tanah

Hal itu benar-benar terjadi di Kampung Apung, Cengkareng, Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang pernah menyangka, tempat pemakaman umum akan menjadi tempat genangan air seperti rawa. Tapi, hal itu benar-benar terjadi di Kampung Apung, Cengkareng, Jakarta Barat.

Di lokasi ini, lahan seluas enam hektare yang merupakan area pemakaman menghilang dari daratan. Musababnya, permukaan tanahnya ambles dan tergenangi air setinggi dua meter.

“Dulu mah ini (kuburan) jadi tempat main anak-anak,” kata Mutmainah, warga Kampung Apung kepada Liputan6.com, Jumat, 18 Maret 2016.

Lahan kuburan itu sekarang sudah tak tampak. Yang ada, hanya hamparan padang eceng gondok dan air keruh berwarna hijau disertai sampah.

Permukaan tanahnya turun akibat eksploitasi air berlebihan di wilayah tersebut. Genangan pun meluber ke area permukiman warga, sehingga membikin mereka harus tinggal di atas rumah yang mengapung di atas permukaan air.

Selengkapnya, baca di Journal: Tanah Ambles Ibu Kota

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.