Sukses


Ketua MPR Ungkap Penyebab Zaskia Gotik Hina Lambang Negara

Zulkifli menilai penghinaan lambang negara itu terjadi karena lalai dalam membangun karakter bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan prihatin dengan sikap Zaskia Gotik yang menghina lambang negara. Dia pun berharap hal ini menjadi pelajaran bagi warga negara lainnya.

Zulkifli menilai penghinaan lambang negara itu terjadi karena lalai dalam membangun karakter bangsa. Padahal, dulu sosialisasi 4 pilar sudah sangat masif.

Keempat pilar itu adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Ada yang lalai kita lakukan yaitu pembangunan karakter bangsa. Dulu sangat masif melakukan sosialisasi apakah pendidikan kewarganegaraan, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan pilar-pilar kebangsaan jadi sosialisasi 4 pilar itu masif," papar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 31 Maret 2016.

Tetapi, kata Zulkifli, 18 tahun ke belakang yang melakukan sosialisasi 4 pilar hanyalah MPR saja.

"Kalau MPR saja nggak akan berhasil tapi mungkin media sosialisasi 4 pilarnya mengikuti perkembangan zaman. Metodenya disesuaikan tapi pembangunan karakter itu secara terus-menurus," kata dia.

Ia juga mengaku telah bicara dengan Presiden Jokowi dan banyak kalangan agar sosialisasi 4 pilar terus dilakukan secara masif bahkan sejak dini.

"Membangun karakter bangsa itu pekerjaan terus-menerus. Mulai dari kecil, semua sudah hormat sama bendera," tandas Zulkifli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.