Sukses

Pansel Siapkan Tahap Akhir Seleksi Calon Anggota Kompolnas

Dari 124 pendaftar yang lolos pada tahapan pendaftaran, kini sudah mengerucut menjadi 24 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Seleksi calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mulai memasuki tahap akhir. Dari 124 pendaftar yang lolos pada tahapan pendaftaran, kini sudah mengerucut menjadi 24 orang.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) anggota Kompolnas Komjen (Purn) Imam Sudjarwo mengatakan, 24 orang tersebut nantinya akan diuji kembali pada seleksi akhir. Di antaranya mengikuti tes kesehatan fisik dan jiwa.

"24 Peserta itu akan mengikuti tahapan tes kesehatan fisik dan jiwa yang akan dilaksanakan pada 4-5 April 2016 di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur‎," kata Imam di kantor Kompolnas, Jakarta, Rabu (30/3/2016). 

Imam menambahkan, dari 24 pendaftar itu yang telah dinyatakan akan masuk seleksi akhir terdiri dari 11 pakar kepolisian dan 13 tokoh masyarakat.

Pansel, sambung Imam, juga akan meminta masyarakat untuk juga memberikan masukan dan rekam jejak terhadap 24 pendaftar calon anggota Kompolnas tersebut.

"Daftar nama yang lulus diumumkan di situs pansel.kompolnas.go.id dan Kompolnas.go.id. Kami juga masih membuka masukan dari masyarakat atas rekam jejak para peserta," ucap Imam.

Adapun 24 nama peserta yang lolos dan akan mengikuti seleksi akhir adalah Andrea H Poeloengan, Andriyansyah, Bekto Suprapto, Benedictus Bambang Nurhadi, Budi Widjaja, Daniel Nawolo Baskoro.

Lalu ada Dede Farhan, Dzainal Syarief, Eddie Kusuma, Eki Baihaki, Gardi Gazarin, Herry Haryanto, I Gusti Ketut Budiartha, M Nasser Amir, Taufik Yasak, Muhammad Khoirul. Kemudian juga, Nuruddin Lazuardi, Poengky Indarti, Pranowo Dahlan, Riza Suarga, Sadar Sebayang, Wahyu Prijo, Yotje Mende, dan Yudi Hidayat.

Sebelumnya, pada tahap pendaftaran awal seleksi calon anggota Kompolnas periode 2016-2020 ada 124 pendaftar terdiri dari 22 pakar kepolisian dan 102 tokoh masyarakat.

Lalu di tahap seleksi administrasi yang lulus ada 81 orang, dengan rincian pakar kepolisian ada 20 dan tokoh masyarakat ada 61. Di tahap ujian tertulis yang lolos ada 50 peserta, pakar kepolisian ada 14 dan tokoh masyarakat ada 36 orang.

Selanjutnya dalam seleksi tes assesment yang lolos ada 24 peserta, terdiri dari 13 tokoh masyarakat dan 11 pakar kepolisian. Nanti mereka akan mengikuti tes kesehatan dan tes wawancara hingga terpilih 12 nama yang akan diserahkan ke Presiden Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.