Sukses

Saat Masih Jadi Wagub DKI, Ahok Akui Sering Ditegur Jokowi

Saat rapat terbatas, Jokowi sempat menegur Ahok karena keterlambatan pembangunan LRT.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih bisa melemparkan senyum saat ditanya tentang teguran dari Presiden Jokowi. Dia ditegur karena keterlambatan pembangunan Light Rapid Transit (LRT).

Namun rupanya, ini bukan kali pertama Jokowi menegur Ahok. Mantan Bupati Belitung Timur itu ternyata kerap ditegur Jokowi saat masih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta.

"Aku juga waktu masih jadi Wagub juga sering ditegur. Kalau tidak benar ya ditegur dong," kata Ahok, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Ahok mengatakan, keterlambatan pembangunan LRT karena terbentur 2 aturan. Kedua aturan itu menghalangi penunjukan langsung. Pada saat rapat pun, Ahok meminta agar aturan itu direvisi.

"PP Nomor 79 Tahun 2015 hanya menyebutkan penugasan pemerintah pada BUMN, tafsir pembuat ini juga termasuk BUMD, tapi Kejagung tidak bisa terima. BUMN beda dengan BUMD, maka kita minta PP 79 diubah jadi garis miring daerah (BUMD)," tutur dia.

Kemudian, Ahok juga meminta agar Peraturan Presiden Nomor 99 Pasal 8 ditambahkan dan diubah dari gubernur melakukan pengadaan sarana kereta api menjadi gubernur menugaskan penyelenggaraan kereta api ke BUMD.

Saat rapat,  Jokowi menegur Ahok karena tidak melihat adanya perkembangan pembangunan LRT di DKI Jakarta. Padahal LRT ini dibangun untuk menyambut momen Asian Games 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT

  • Jokowi Tegur Ahok

Video Terkini