Sukses

Modal Ahok Kembali Jadi Bakal Cagub DKI 2017

Ahok mengatakan pengalaman jadi kepala daerah yang pernah berkuasa merupakan nilai tambah untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakart

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membeberkan modal apa saja yang harus dimiliki bakal calon gubernur DKI Jakarta 2017. Salah satunya pernah menjadi kepala daerah.

"Cukup kok. Bupati Belitung Timur saja bisa (jadi Gubenur DKI)," ujar Ahok di Balai Kota, Rabu (29/3/2016).

Mantan Bupati Belitung Timur itu justru mendukung apabila banyak para kepala daerah yang maju di Pilkada DKI 2017. Sebab, lanjut Ahok, pengalaman menjadi kepala daerah yang pernah berkuasa dan memimpin merupakan nilai tambah untuk maju sebagai calon gubernur.

"Kalau kamu pernah jadi kepala daerah, kan pernah berkuasa, karakter kamu seperti apa. Karakter kamu ini berani enggak misalnya ngadepin oknum DPRD, kamu punya anggaran berani dibuka enggak, masyarakat puas enggak dengan kerja kamu. Kan kuncinya di situ," jelas Ahok.

Ahok menjelaskan, kemampuan pemimpin dapat diukur melalui survei tingkat kepuasan masyarakat. Jika tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemimpin daerah di atas 60 persen, maka Ahok menilai para kepala daerah sudah siap maju di Pilkada DKI 2017.

"Kalau incumben disurvei, kepuasannya di bawah 60-50, bahaya tuh. Petahana kerja 3-4 tahun, kepuasan masyarakat terhadap Anda di bawah 50 persen itu masalah. Secara umum, suka enggak suka kamu dihitung dari tingkat kepuasan pekerjaan," terang mantan politisi Gerindra itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini