Sukses

Arus Balik Libur Paskah, Begini Jurus Polisi Urai Kemacetan

Petugas akan menerapkan kontijensi 1, kontijensi 2, dan kontijensi 3 sesuai kondisi yang ada di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi telah melakukan sejumlah antisipasi menghadapi arus balik libur Paskah 2016. Puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu malam hingga Senin dini hari.

‎"Puncak arus balik diprediksi terjadi mulai maghrib nanti sampai dini hari," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto saat dihubungi, Jakarta, Minggu (27/3/2016).

Budiyanto mengatakan, sebanyak 400 personel gabungan telah disiagakan untuk mengamankan arus balik ini. Polisi juga menyiagakan sekitar 2.000 personel apabila dibutuhkan untuk mengurai kemacetan dan menangani hal-hal di luar perkiraan.

‎"Kami juga imbau supaya masyarakat berlaku tertib di jalan dan tidak melakukan gerakan-gerakan yang menyebabkan kecelakaan. Penuh konsentrasi dan mematuhi ketentuan lalu lintas yang berlaku," papar dia.

Polisi juga telah menyiapkan sejumlah jurus untuk mengurai kemacetan. Petugas akan menerapkan kontijensi 1, kontijensi 2, dan kontijensi 3 sesuai kondisi yang ada di lapangan.

Menurut Budiyanto, kontijensi 1 indikatornya adalah antrean di gerbang tol sepanjang kurang dari 5 kilometer. ‎Sementara kontijensi 2 akan diterapkan jika antrean melebihi 5 kilometer.

"Kemudian terjadi gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Kecepatan kendaraan 0-5 km/jam. Cara bertindak menerapkan contra flow di KM 61 sampai KM 51. Juga menutup pintu masuk dan keluar tol," ucap Budiyanto.

‎Sementara kontijensi 3 merupakan gabungan situasi kontijensi 1 dan 2. "Cara bertindak yakni menutup pintu masuk tol dan mengeluarkan kendaraan ke jalan arteri," jelas dia.

Pantauan Arus Lalu Lintas

Sementara Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan, situasi arus lalu lintas ke arah Jakarta pada sore hari masih relatif lancar. ‎Lalu lintas di jalur Pantura dan tengah menuju Jakarta masih terpantau lancar tanpa hambatan.

 

"Sedangkan jalur selatan dari arah Garut menuju Bandung masih terjadi kepadatan di seputaran Leles dan Kahatek," ucap Sulistyo melalui pesan singkat.

Begitu juga lalu lintas di sekitar Ciamis dan Tasikmalaya, Jawa Barat masih relatif ramai lancar. Lalu lintas didominasi kendaraan yang menuju Bandung.

"Tol Cipularang arah Jakarta terpantau ramai lancar. Tol Cipali arah Jakarta terpantau ramai lancar. Antrean gate Tol Cikopo 200 meter, gate Tol Palimanan masih normal," papar dia.

Sementara arus lalu lintas dari jalur Bogor menuju Jakarta saat ini masih diberlakukan 2 ‎arah. Kondisi arus lalu lintas yang didominasi kendaraan ke arah Jakarta ini masih terpantau ramai lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini