Sukses

Indahnya Kebersamaan, Katedral dan Istiqlal Berbagi Lahan Parkir

Kenji menjelaskan, para panitia sudah berkoordinasi dengan pengelola 4 tempat itu.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan umat Katolik diprediksi akan memadati Gereja Katedral Jakarta, untuk melaksanakan ibadah Jumat Agung dalam perayaan Paskah.

Agar proses ibadah tak terganggu, panitia Paskah Gereja Katedral Jakarta menyiapkan 4 area parkir di sekitar lingkungan gereja. Yang menarik, di antara area itu berada di Masjid Istiqlal.

"Tempat parkir kita sediakan 4 tempat yakni Sekolah Santa Ursula, Masjid Istiqlal, gedung Kantor Pos Indonesia, dan Markas Besar TNI AD," ujar Humas Kepanitiaan Paskah Gereja Katedral Jakarta, Robert Kenji, Jakarta, Jumat (25/3/2016).

Kenji menjelaskan, para panitia sudah berkoordinasi dengan pengelola 4 tempat itu. Setiap tahun, lokasi-lokasi ini menjadi langganan parkir jemaat Gereja Katedral, saat hari-hari besar keagamaan.

"Ini sudah kita lakukan setiap tahun, kita saling membantu, kalau lagi perayaan di Masjid Istiqlal kita sering membantu juga," tutur Robert.


Memprioritaskan Jemaat Katedral

Di tempat terpisah, pengurus Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul mengatakan, tradisi berbagi lahan parkir itu sudah dilakukan sejak lama.

"Kami sediakan parkir untuk mereka dari kemarin. Setiap tahun begitu," tutur dia.

Bahkan, Abdul mengatakan, meski pun umat muslim melaksanakan ibadah salat Jumat hari ini, pihaknya tetap memberikan lahan parkir dan memprioritaskan untuk para jemaat Katredal.

"Kita tetap dahulukan mereka. Kalau nanti penuh untuk yang Jumatan, nanti diarahkan ke Kemenag," pungkas Abdul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.