Sukses

Sopir Taksi Demo, Cek Rute Bus Transjakarta

Ini rute yang akan dilalui Transjakarta di tengah demo angkutan umum.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan sopir taksi, bus, angkot, dan bajaj yang tergabung dalam Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) menggelar aksi demo di Jakarta. Mereka menuntut pembekuan operasi angkutan berpelat hitam berbasis aplikasi.

Demo digelar di sejumlah lokasi, yakni di depan gedung DPR-MPR, Balai Kota DKI, dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), Selasa (22/3/2016).‎ Adanya aksi unjuk rasa itu tentu akan mengganggu kelancaran lalu lintas kendaraan di sekitarnya, tak terkecuali bus Transjakarta.

Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang dan kemacetan akibat unjuk rasa itu, PT Transjakarta melakukan rekayasa rute dengan skenario berikut ini:

Koridor 1:
Jika peserta unjuk rasa berada di depan Kantor Kemenhub hingga menutup jalur busway, maka rute koridor 1 dari Blok M ke arah Kota, dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan. Setelah Halte Bank Indonesia (BI)-Patung Kuda belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan-kemudian belok kanan ke Jalan Abdul Muis-Halte Harmoni dan seterusnya.

Sebaliknya, rute Kota arah Blok M dialihkan melalui Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Lapangan Banteng-Pejambon-kemudian berputar di Tugu Tani-Balai Kota-kemudian kembali masuk jalur koridor 1 Halte BI dan seterusnya.

Namun jika peserta unjuk rasa berada di depan gedung Balai Kota DKI hingga menutup jalan, maka rute dari Kota ke arah Blok M dilakukan perpendekan layanan hanya sampai Halte Harmoni. Halte Monas untuk sementara tidak ada layanan.

Koridor 2‎:
Rute Koridor 2 dari Harmoni arah Pulogadung yang biasanya melintasi Halte Monas-Balai Kota dan seterusnya dialihkan melalui Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Lapangan Banteng-Pejambon-Tugu Tani-Kwitang dan seterusnya ke arah Pulogadung. Sebaliknya Rute dari Pulogadung arah Harmoni normal.

Rute Ragunan-Monas:
Rute Ragunan-Monas‎ dilakukan perpendekan rute hanya sampai Dukuh Atas. Penumpang tujuan Monas bisa transit di Dukuh Atas Koridor 1 turun di Halte BI.

Rute PIK-Monas-Balai Kota:
Rute PIK-Balai Kota dilakukan perpendekan rute hanya sampai Halte Harmoni.

"Namun kami memantau setiap perkembangan,  sehingga kami dapat melakukan modifikasi operasional di lapangan. Termasuk jika terjadi penumpukkan penumpang di satu koridor atau halte maka kami akan kirim bus bantuan dari koridor lain atau cadangan," ujar Humas Transjakarta Prasetyo Budi‎ melalui pesan tertulis, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini