Sukses

Demo Sopir Taksi, Semanggi, Senayan Sampai Cawang Mampet

Aksi mereka yang menutup badan jalan membuat kendaraan kian menumpuk.

Liputan6.com, Jakarta - Para sopir taksi akan berunjuk rasa di depan gedung DPR Jakarta. Mengendarai taksi, mereka mulai berduyun-duyun memasuki areal Parkir Timur Senayan.

Rencananya, mereka akan melakukan long march dari Senayan menuju Gedung Parlemen.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (22/3/2016), petugas kepolisian bersiaga di depan gerbang pintu Senayan. Mereka mengatur arus lalu lintas dengan membuat lajur khusus untuk digunakan para sopir taksi menuju areal parkir.

Imbasnya, arus lalu lintas yang akan menuju Parkir Timur Senayan menjadi macet. Terlebih aksi mereka yang menutup badan jalan membuat kendaraan kian menumpuk.

Tak hanya itu, para pengunjuk rasa juga menggelar aksinya di ruas tol dalam kota dari arah Cawang menuju Grogol, tepatnya di depan Plaza Telkom. Mereka menggelar orasi di jalan tersebut.

Tak ayal, aksi mereka pun membuat kendaraan di ruas tol itu tak bergerak. Bahkan kendaraan mengular hingga Cawang, Jakarta Timur.

Para sopir taksi  berunjuk rasa menuntut pemerintah untuk memberi tindakan tegas dengan membekukan operasional angkutan umum yang menggunakan mobil berpelat hitam. Mereka menilai operasional kendaraan itu melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Jalan.

Tuntutan serupa juga pernah disuarakan mereka saat menggelar aksi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin 14 Maret 2016. Sejumlah perwakilan demonstran yang terdiri dari pengemudi taksi, bus, angkot, dan bajaj ‎telah diterima Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Berdasarkan data yang dihimpun, unjuk rasa kali ini akan diikuti sekitar 10.000 armada angkutan umum di DKI Jakarta. Armada itu terdiri dari taksi, mikrolet, kopamilet, Koperasi Wahana Kalpika (KWK), dan pengemudi bajaj.

Titik kumpul aksi demo sopir taksi akan tersebar di sejumlah wilayah, yaitu Terminal Kampung Melayu Jakarta Timur, Terminal Senen Jakarta Pusat, Terminal Kalideres dan Citraland Jakarta Barat, Terminal Tanjung Priok Jakarta Utara, dan Terminal Blok M Jakarta Selatan.

Mereka akan menempuh rute Lapangan Parkir Timur Senayan-DPR RI. Demo juga akan digelar di depan Gedung DPR dan Kementerian Informasi dan Informatika, Istana Merdeka, Jakarta, serta Balai Kota DKI Jakarta.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.