Sukses

VIDEO: Banjir Masih Melanda Sejumlah Daerah di Indonesia

Luapan Sungai Batanghari di Jambi mengkibatkan permukiman penduduk di Muaro Jambi terendam air.

Liputan6.com, Bandung - Banjir melanda permukiman warga di Melong, Cimahi, Jawa Barat. Selain itu, luapan Sungai Batanghari di Jambi mengkibatkan permukiman penduduk di Muaro Jambi terendam air.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (21/3/2016), guyuran hujan selama 1 jam cukup membuat ratusan rumah di kawasan Melong, kota Cimahi, Jawa Barat, dilanda banjir. Ketinggian air yang menggenani permukiman warga mencapai 1 meter lebih.

Selain hujan deras, banjir juga diakibatkan meluapnya sungai Cibaligo. Meski demikian, mayoritas warga tetap bertahan di rumah mereka yang tergenang air.

Meluapnya sungai Cibaligo juga disebabnya banyaknya tumpukan sampah dan sistem saluran air yang buruk.

Ditambah lagi, banyaknya pembangunan pabrik di sekitar Sungai Cibaligo juga jadi penyebab banjir. Selain permukiman, banjir juga melanda Jalan Gempol yang menghubungkan kota Bandung ke Cimahi.

Sementara itu, banjir akibat luapan Sungai Batanghari, Jambi, membuat rumah terendam banjir. Meski terendam banjir, warga tetap beraktivitas seperti biasanya. Untuk beraktivitas di luar rumah warga menggunakan perahu.

Selain itu, warga juga enggan mengungsi dan meninggalkan rumah mereka karena rata-rata rumahnya sudah bertingkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.