Sukses

Pramono: Koalisi Besar Solid Usung Satu Paket

Koalisi besar mengisyaratkan hanya akan mengusung satu paket lengkap pada rapat paripurna pemilihan pimpinan MPR malam ini. Koalisi besar itu terdiri dari Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PDIP.

Liputan6.com, Jakarta: Koalisi besar mengisyaratkan hanya akan mengusung satu paket lengkap pada rapat paripurna pemilihan pimpinan MPR, Sabtu (3/10) malam ini. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Pramono Anung di Jakarta. Fraksi-fraksi yang tergabung dalam koalisi besar itu antara lain Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PDIP.

"Paket tersebut mengusung Pak Taufik Kiemas sebagai calon ketua MPR yang didampingi empat calon wakil ketua," kata Pramono Anung usai rapat paripurna konsultatif DPR-DPD di Gedung MPR Senayan, Jakarta, sebagaimana dilansir ANTARA. Empat calon wakil ketua MPR yang diusung fraksi-fraksi yakni Melani Suharli (Fraksi Partai Demokrat), Hajriyanto Tohari (Fraksi Partai Golkar), Lukman Hakim Saefuddin (Fraksi PPP), serta satu calon wakil ketua lainnya dari unsur DPD.

"Mengenai satu calon wakil ketua lagi, kita masih mencari siapa yang akan dicalonkan dari DPD," kata anggota DPR 2009-2014 ini. Pramono menjelaskan, pembicaraan yang berkembang pada rapat paripurna konsultatif usulan pimpinan MPR yakni satu calon ketua dan empat calon wakil ketua. Namun mengenai komposisi asal calonnya diserahkan pada fraksi-fraksi dan DPD yang mencalonkannya.

Namun demikian, dalam rapat paripurna tersebut fraksi-fraksi sudah mengarah pada komposisi empat satu, tapi bisa saja DPD mengusulkan komposisi yang lain. "Kalau koalisi besar sudah solid akan mengusung satu paket saja," katanya.

Sementara itu, anggota DPR dari Fraksi PPP, Lukman Hakim Saefuddin mengatakan, rapat paripurna konsultatif penetapan tata tertib pemilihan sudah sepakat, yakni pencalonan pimpinan MPR dicalonkan fraksi-fraksi DPR dan DPD. Sedangkan komposisinya diserahkan kepada fraksi-fraksi yang akan mencalonkan, tidak kesepakatan komposisi apakah 3-2 atau 4-1. "Nanti saja kita lihat pada paket yang dicalonkan fraksi-fraksi dan DPD," ujar Lukman.

Sementara itu, DPD sejak rapat paripurna konsultatif DPR-DPD yang pertama, kemarin, sudah bersikeras mengusulkan dua calon dari DPD dan tiga calon dari fraksi. Wakil Ketua DPD, Laode Ida mengatakan, DPD tetap konsisten pada usulannya akan mengusung paket dengan komposisi 2-3. "Jika tidak ada kesepakatan dari fraksi-fraksi kami mempertimbangkan untuk mengikuti pemilihan pada rapat paripurna pada malam ini," ucap Laode.

Pemilihan pimpinan MPR malam ini akan diikuti oleh 560 anggota DPR dan 132 anggota DPD. Sejumlah nama pun mencuat dalam pencalonan Ketua MPR, seperti Taufik Kiemas dari PDIP, Ginanjar Kartasasmita dari unusr DPD serta Hidayat Nur Wahid yang merupakan Ketua MPR periode 2004-2009 dari Partai Keadilan Sejahtera [baca: Perdebatan Sengit Warnai Pemilihan Ketua MPR].(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini