Sukses

Perdebatan Sengit Warnai Pemilihan Ketua MPR

Hingga berita ini diturunkan, pemilihan Ketua MPR yang baru masih berlangsung. Dua calon terkuat yaitu Taufik Kiemas dari PDIP dan Ginandjar Kartasasmita, mantan Ketua DPD, masih bertarung sengit.

Liputan6.com, Jakarta: Hingga petang ini, anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) masih menjalani sidang untuk memilih ketua yang baru. Selain calon Ketua MPR, komposisi Wakil Ketua MPR pun menjadi perdebatan sengit.

Calon Ketua MPR, Ginandjar Kartasasmita mengusulkan komposisi dua orang dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan tiga dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Tampaknya Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan anggota DPD mendukung usulan ini. Sedangkan komposisi empat wakil dari DPR dan satu dari DPD didukung oleh calon Ketua MPR, Taufik Kiemas, yang tampaknya didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
 
Calon lain yang disebut-sebut adalah Hidayat Nur Wahid, Ketua MPR yang lama. Sampai saat ini, lobi masih dilakukan. Kemungkinan pemilihan akan dilakukan melalui pemungutan suara atau voting untuk selanjutnya dilantik malam ini. Simak situasi sidang pemilihan Ketua MPR selengkapnya dalam video berita ini.(IRN/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.