Sukses

Kesedihan Jokowi di Alang-alang Hambalang

Jokowi geleng-geleng kepala melihat mangkraknya proyek Hambalang.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Jokowi melakukan inspeksi ke kawasan proyek Hambalang. Di sana, Jokowi geleng-geleng kepala melihat mangkraknya pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Desa Hambalang, Bogor.

Bahkan, Jokowi mengaku sedih melihat aset negara bernilai triliunan rupiah yang dibangun sejak 2010 itu dalam kondisi mengkhawatirkan. Bangunannya sudah berlumut dan alang-alang tumbuh subur.


Presiden Jokowi saat sidak proyek Hambalang, Bogor. (Biro Pers Istana)

"Sedih melihat aset negara di proyek Hambalang cukup lama mangkrak. Alang-alang sudah tumbuh tinggi," tulis Jokowi di akun Facebook-nya, Jumat (18/3/2016).

Selain kondisi bangunan yang tak terawat dan lingkungan yang penuh ilalang, Jokowi juga menyayangkan terbengkalainya peralatan pendukung dan furnitur seperti mebel, AC, dan alat-alat olahraga.

"Peralatan-peralatan gedung juga tergeletak begitu saja. Perlu segera dibereskan," imbuh dia.

Presiden Jokowi saat sidak proyek Hambalang, Bogor. (Biro Pers Istana)

Jokowi tidak diam. Ia akan segera mengambil keputusan terhadap kelanjutan proyek tersebut. Apakah tetap jadi sekolah olahraga, diubah mejadi wisma atlet, atau rusunawa.

"Pemerintah akan ambil keputusan secepatnya. Karena apa pun, ini sudah menghabiskan uang rakyat triliunan rupiah. Aset negara harus segera diselamatkan," tegas Jokowi.

Pembangunan proyek Hambalang terhenti sejak 2012 karena kasus korupsi yang ditemukan KPK. Turut mendampingi Jokowi saat peninjauan adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Presiden Jokowi saat sidak proyek Hambalang, Bogor. (Biro Pers Istana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini