Sukses

Tingkah Saipul Jamil Saat Rekonstruksi Dugaan Pencabulan

Tersangka Saipul Jamil menjalani adegan demi adegan rekonstruksi kasus dugaan pencabulan di rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tersangka Saipul Jamil menjalani adegan demi adegan rekonstruksi kasus dugaan pencabulan di rumahnya, Jalan Gading Indah Utara VI Blok NH 10 RT 25 RW 12 Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ada 34 adegan yang dilakoni pedangdut itu dalam rekonstruksi.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (17/3/2016), sebelum rekonstruksi, Saipul disimpan di dalam mobil penyidik Innova hitam bernomor polisi B 805 FHM. Di dalam mobil, Saipul Jamil duduk di kursi depan samping sopir.

"Siap kok saya (rekonstruksi). Sehatlah. Doain ya," kata Saipul.

Meski menjalani rekonstruksi kasus dugaan pencabulan, duda Dewi Perssik itu tak mau tampil buruk. Saipul terus berkaca dan merapikan rambutnya yang menutupi dahi. Bahkan berkali-kali Saipul selalu merapikan baju dan jaket cokelat yang dikenakannya.

Tak sampai di situ, Saipul pun terlihat sangat berhati-hati memasangkan tulisan tersangka yang dikalungkan penyidik kepadanya. Dalam rekonstruksi ia tidak mengenakan pakaian tahanan seperti tersangka lainnya.

"Begini Pak? Miring enggak sih Pak?" tanya Saipul kepada penyidik terkait posisi tulisan tersangka yang haris dikenakannya itu.

Rasa cemas atau takut di-bully warga yang hadir di lokasi pun tak tampak di wajah Saipul Jamil. Bahkan ia terlihat sering kali tertawa sampai terbahak-bahak. Tak jelas apa yang memicu Saipul tertawa sampai terbahak dengan salah satu polisi yang menemaninya di mobil.

"Tutup kacanya. Nanti saja. Adegan mulai dari dalam mobil," sebut salah satu polisi di lokasi.

Sementara itu, warga dan awak media berkerumun di sisi-sisi mobil untuk terus mengabadikan sang artis. Bak konser tunggal Saipul Jamil, para warga bersedia menanti kehadiran dan penampakan Saipul saat keluar dari mobil. Tiap ekspresi Saipul di dalam mobil juga menjadi buruan, padahal saat itu cuaca amat terik.

Rekonstruksi Dimulai

Adegan rekonstruksi diawali dengan Saipul Jamil dan dua asisten bersama korban DS pulang ke rumah usai syuting di salah satu TV swasta. Dalam mobil, Saipul Jamil duduk di kursi depan samping sopir. Sementara saksi Ardi duduk di bangku belakang Saipul.

Di depan rumah, mobil milik Duda Dewi Persik itu berhenti. Ipul pun turun dari mobil. Sebelumnya, sopir Saipul membukakan pintu mobil terlebih dulu, disusul dengan saksi Ardi dan korban DS turun dari mobil.
Saipul Jamil menjalani reka ulang kejadian perkara pelecehan seksual di kediaman SJ, Jakarta, Kamis (17/3/2016). SJ menjalani rekonstruksi dengan korban DS sebanyak 34 adegan perkara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kanit Reskrim Polsek Kelapa Gading Iptu Fahmi Amarullah mengatakan, adegan rekonstruksi kasus dugaan pencabulan yang menjerat pedangdut Saipul Jamil (SJ) menjadi 34 adegan dari semula 31 adegan.

Penambahan tiga adegan dalam rekonstruksi yang digelar tertutup di rumah Saipul di Kelapa Gading ini lantaran ada tambahan pengakuan saksi yang belum tertuang di BAP. "Jadi kami buat dari awal BAP 31 adegan, namun ada tiga adegan tambahan," kata Fahmi di lokasi.

Meski begitu, Fahmi mengunci rapat soal adegan yang menguatkan laporan korban DS terkait dugaan pencabulan. Yang jelas rekonstruksi berjalan lancar tanpa ada hambatan. Dia juga menuturkan, bahwa tiga tambahan adegan merupakan masukan yang berarti buat penyidikan.

"Berjalan sesuai yang kami rencanakan. Sementara belum ada fakta baru. Itu dari tambahan untuk penyidikan. Intinya itu kegiatan kami, kegiatan rekonstruksi dan berjalan lancar," Fahmi memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.