Sukses

VIDEO: Bunga Bangkai Asal Sumatera Mekar di Kebun Raya Cibodas

Menjelang gerhana matahari total minggu lalu, bunga bangkai ini mencapai puncak kemekarannya.

Liputan6.com, Cianjur - Kebun Raya Cibodas di kawasan Puncak, Cianjur, Jawa Barat, adalah satu dari empat kebun raya terbesar di Indonesia. Di lahan seluas 85 hektare ini ada sekitar 13.000 spesimen tumbuhan dari dalam dan luar negeri.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (17/3/2016), salah satu koleksi flora lokal yang menarik perhatian adalah bunga bangkai asal Sumatera, yang memiliki nama latin amorphopallus titanum.

Menjelang momen gerhana matahari total minggu lalu, salah satu spesimen bunga bangkai mencapai puncak kemekarannya setelah mulai ditanam sekitar 4 tahun lalu.

Hidup yang singkat dari bunga bangkai ini sebenarnya merupakan siklus alami. Setelah mati, bunga bangkai akan kembali menjadi umbi dan butuh waktu 4 tahun lagi agar dapat kembali mekar.

Daya tarik kebun raya yang telah berdiri sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda ini tidak hanya pada bunga bangkai. Jika memiliki waktu lebih banyak dan mau berjalan sedikit lebih jauh, di areal hutan bisa menemukan koleksi tumbuhan lain seperti kantong semar, ladang lumut, pohon-pohon langka hingga beraneka jenis kaktus.

Nah, Anda yang berkunjung ke kawasan Puncak, jangan lupa ke Kebun Raya Cibodas. Sambil menikmati keindahan alam, di sini bisa pula menambah wawasan tentang aneka flora.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.